Walikota Palangka Raya hadiri acara ritual Manyanggar di obyek wisata Kum-kum

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia bersama Wakilnya Mofit Saptono Subagio menghadiri acara manyanggar yang diadakan Damang Kepala Adat Kecamatan Pahandut, Marcos S Tuwan di obyek wisata Kum-kum, Pahandut Seberang, Kamis (16/3/2017) pukul 13.30 WIB.

Ikut menghadiri Kepala Badan Pemadam Kebakaran Kota Palangka Raya, Anwar Sanuni U Gayo, Kepala Dinas Perhubungan Palangka Raya, Eldy, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah, Sipet Hermanto, dan sejumlah kepala SKPD lainnya.

Sambil mendengarkan para Basir (pemimpin ritual adat Dayak Ngaju) melantunkan syair di tempat yang telah disediakan khusus, para tamu termasuk Walikota Palangka Raya bersama wakilnya menikmati hidangan makan siang yang telah disediakan pihak penyelenggara hajat.

Ritual manyanggar ini dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Sang Maha Pencipta atas terpilihnya Marcos S Tuwan sebagai Damang Kepala Adat Kecamatan Pahandut.

Digelarnya acara ritual agama Hindu Kaharingan khas Dayak Kalimantan di lokasi kuliner sekaligus obyek wisata Kum-kum ini dinilai cukup bagus, karena selain untuk melestarikan adat istiadat leluhur juga untuk mempromosikan potensi wisata Kota Cantik Palangka Raya.

“Potensi wisata kita sebenarnya sudah matching, mulai dari Taman Nasional Sebangau, kawasan kuliner di Pahandut Seberang hingga Bukit Batu sudah nyambung, kalau tidak percaya coba lihat alur destinasi wisata yang sudah terkonsep di Dinas Pariwisata Kota Palangka Raya,” tutur Wakil Walikota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio.

Walikota Palangka Raya, HM Riban Satia menambahkan Pemerintah Kota sangat mengapresiasi pihak swasta yang ikut mengembangkan potensi wisata meski tanpa ada bantuan pemerintah. “Ya kalau mereka bisa mengembangkan sendiri tanpa dibantu pemerintah itu malah bagus,” cetusnya. (MC Isen Mulang)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan