Walikota Palangka Raya Berharap Jangan Pertahankan Pola Lama

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya, Riban Satia bersama Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio memimpin rapat evaluasi program kegiatan pelaksanaan pembangunan triwulan IV tahun anggaran 2017 dan persiapan penyusunan rancangan awal RPJMD periode 2018-2023, Jumat (12/1/2018).

Rapat yang digelar di aula Bappeda Kota Palangka Raya Jalan Tjilik Riwut Km 5,5 ini diikuti oleh seluruh kepala satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) dan beberapa kepala bidang dari Bappeda Kota Palangka Raya. 

Dalam arahannya walikota meminta agar setiap SOPD selaku pengguna anggaran bisa merealisasikan APBD lebih awal pada tahun anggaran, sehingga semua program kegiatan dan proyek pembangunan bisa dilakukan pelelangan sehingga secepatnya dapat dikerjakan.

“Saya lihat pola kerja masih mempertahankan pola lama. Sebut saja saat program kegiatan yang seharusnya bisa direalisasi lebih cepat ternyata baru bisa direalisasi pertengahan tahun. Ini pola lama yang berulang,” ungkapnya.

Di sisi lain walikota juga menilai kinerja SOPD pada 2017 masih mendapat predikat terendah dalam hal laporan penyelenggaran pemerintah daerah (LPPD). Kondisi ini tentu dipengaruhi atas realisasi program kegiatan yang selalu terlambat.

Padahal sejak awal semua SOPD didorong untuk segera melaksanakan proses pelelangan proyek yang menjadi tugas dan kewajibanya. “Karena itu saya minta bapak wakil walikota, Sekda serta para asisten untuk memacu semua SOPD. Saya tidak ingin ada lelang proyek dilakukan dipertengahan tahun,” tegasnya.

Jika saran walikota ini bisa dilakukan SOPD, maka dia yakin tidak terjadi kemoloran pelaksanaan proyek dan progres anggaran bisa terserap maksimal. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan