Walikota Minta Dukcapil Percepat Pembuatan E-KTP

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Palangka Raya di Jalan Soekarno-Hatta, Jumat (28/9/2018) pukul 14.00 WIB.

Sidak ini dilakukan untuk mengetahui proses pelayanan pembuatan dokumen kependudukan seperti kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP), kartu keluarga, dan lainnya.

Kedatangan walikota ini membuat sebagian ASN Dukcapil terkejut, karena Fairid datang tidak menggunakan mobil dinas (plat merah) dan tanpa ada pemberitahuan.

Fairid mendapati ratusan warga berjubel sedang antre untuk membuat E-KTP dan KK. Ada pula yang sedang antre meminta legalisir E-KTP untuk mendaftar CPNS.

Dalam Sidak ini walikota mendapatkan penjelasan panjang lebar oleh Kepala Dukcapil Kota Palangka Raya, Zulhikmah Rafiq mengenai proses pembuatan E-KTP kenapa bisa lama.

Menurut Zulhikmah, lamanya pencetakan E-KTP karena banyak kendala seperti kemampuan mesin cetak terbatas, pasokan listrik belum memadai, dan lainnya.

Meski begitu walikota tetap meminta Dukcapil yang mengupayakan agar pencetakan E-KTP bisa dipercepat. Dukcapil harus bisa mencari solusi, sehingga pelayanan E-KTP bisa memakan waktu berbulan-bulan, dipersingkat. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan