Walikota Meninjau Keadaan Drainase Jalan Sakan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Diperkirakan sampai dengan bulan april siklus musim hujan masih akan turun di Kota Palangka Raya. 

Akibat turunnya hujan yang cukup lebat beberapa waktu lalu, Kota Palangka Raya mengalami luapan debit volume air sehingga menyebabkan banjir.
Meluapnya air berdampak bagi warga masyarakat, terutama bagi masyarakat di daerah Jalan Sakan, luapan air masuk dan menggenangi rumah warga.

Diakui oleh Siti warga Jalan Sakan, saat ditemui kru media center, mengungkapkan mereka cukup kewalahan ketika turun hujan lebat pada senin sore lalu, air dari pangaringan naik dan masuk ke rumah warga.

Menurut Siti, selain karena  intensitas hujan yang cukup lebat, banjir diakibatkan menumpuknya sampah di pangaringan yang menutup aliran air sehingga drainase menjadi buntu dan air naik menggenangi rumah-rumah  warga, ungkap Siti.

Di tempat yang sama, Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin didampingi Wakil Walikota Palangka Raya, Hj. Umi Mastikah, Kamis (28/2/2019) berkunjung ke Jalan Sakan untuk meninjau keadaan drainase yang ada di daerah tersebut.

Fairid berharap Dinas PU Kota Palangka Raya dan Dinas Perkim membuat master plan untuk daerah sakan, sehingga betul-betul dapat tertangani dan tidak terjadi lagi luapan air akibat tersumbat sampah di sungai yang berimbas pada banjir,”  tuturnya.

Drainase yang ada di Jalan Sakan tidak mampu menampung volume air yang cukup banyak sehingga air naik ke permukaan dan masuk ke rumah warga komplek Sakan.

Dalam pertemuan tersebut  juga hadir dari Dinas Pekerjaan Umum Kota, Dinas Perkim, BPBD, Kominfo, Camat serta Sekcam Jekan Raya, Lurah Palangka.

“Kita berharap masyarakat sadar bahwa menjaga kebersihan lingkungan itu adalah suatu keharusan, untuk itu di harapkan agar membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuang ke sungai serta terus menjaga fungsi utama saluran air,” harapnya. (MC Isen Mulang/in/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan