Walikota Fairid : Palangka Raya Siap Sebagai Daerah Pengganti Ibukota Jakarta

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pembicaraan seputar wacana pemindahan ibukota negara terus santer pada setiap kesempatan. Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah pun kini menjadi salah satu alternatif yang dikaji oleh pemerintah pusat sebagai daerah untuk menggantikan Jakarta.

Wacana pemindahan ibukota ini pun, tidak luput dari perhatian walikota Palangka Raya yang baru,  Fairid Naparin. Bahkan walikota termuda dalam sejarah Pemerintah Kota Palangka Raya ini, cukup sering melontarkan kesiapan, bila nantinya benar-benar menjadi pilihan sebagai ibukota negara.

“Saya katakan Palangka Raya siap, masyarakatnya pun welcome. Terlebih dari awal wacana ini dilontarkan oleh pemerintah pusat,” tegasnya, Kamis (11/10/2018).

Menurut Fairid, sebagai ibukota di Provinsi Kalimantan Tengah, tentu pemerintah kota Palangka Raya memiliki hal yang sama bila bicara kesiapan terkait wacana pemindahan ibukota tersebut. Terlebih Pemprov Kalteng sendiri secara tegas menyatakan kesiapan akan hal tersebut.

“Pemko Palangka Raya tentu akan terus berkoordinasi dengan pihak Pemrov Kalteng, bila bicara soal wacana pemindahan ibukota ini,” tambahnya lagi.

Kata Fairid, secara geografis, tentu Kota Palangka Raya sudah memiliki kesiapan itu. Dengan wilayah yang lebih luas tentu menjadi modal kuat sebagai ibukota negara. Begitupula dari sudut pandang yang lainnya. Sebut saja wilayahnya tidak rentan terkena bencana, gempa, longsor dan lain sebagainya.

“Perlu diingat, pemindahan ibukota negara ini juga sejalan dengan cita-cita Bung Karno yang jauh sebelumnya telah melontarkan wacana pemindahan ibukota ke Kota Palangka Raya,” ujarnya.

Fairid pun berkeyakinan, bila wacana pemindahan ibukota ini jadi dilakukan, maka dari sudut pandang stabilitas ekonomi, sosial dan budaya tidak akan terganggu. Terlebih masyarakat Palangka Raya dan Kalteng pada umumnya memiliki kesiapan serta mendukung penuh.

“Ibarat kata segala kewilayahan dan masyarakat telah siap, tinggal bagaimana kemampuan pemerintah pusat dalam mendukung pemerintah daerah guna mewujudkan wacana pemindahan ibukota tersebut dalam beragam indikator kesiapan,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan