Walikota Fairid Hadiri Rakernas Indonesia Bersih

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Indonesia Bersih, yang digelar di Auditorium Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta. Kamis (21/2/2019).

Kegiatan akbar itu diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, yang  diikuti oleh seluruh gubernur, walikota serta bupati seluruh Indonesia.

“Konkret kegiatan ini bertujuan untuk mensinergikan kebijakan kementerian dan lembaga dalam peningkatan kinerja pemerintah daerah guna
pengelolaan sampah untuk mewujudkan Indonesia bersih,”ungkap Fairid  sebagaimana dikutip  Protokol dan Komunikasi Setda Kota Palangka Raya.

Dikatakan walikota, langkah itu juga selaras dengan visi dan misi pemerintahan kota Palangka Raya saat ini, yakni untuk membangun Palangka Raya lebih baik dari segi ekonomi, lingkungan, maupun kesejahteraan untuk masyarakat.Sekaligus komitmen pemerintah kota Palangka Raya memberikan kinerja nyata untuk pembangunan ‘Kota Cantik’.

Lanjut Fairid mengatakan, kegiatan rakernas itu sendiri  bertepatan dengan momentum hari peduli sampah nasional (HPSN), 2019, dengan tema Indonesia Bersih dan sub tema kelola sampah, hidup bersih, sehat dan bernilai.

Fairid mengharapkan, adanya gerakan ini menjadi gerakan yang bisa membawa semua pihak di Kota Palangka Raya untuk dapat bekerja keras. Hal tersebut dikarenakan persoalan sampah dapat berdampak pada banyak hal seperti kesehatan, lingkungan, pariwisata dan masa depan anak-anak yang merupakan generasi penerus masa depan.

“Tujuan dari gerakan ini adalah memastikan langkah-langkah percepatan gerakan Indonesia bersih, baik dari kebijakan sektor daerah di Indonesia  saat ini,”tuturnya.

Adapun rakernas  gerakan Indonesia bersih itu sendiri dibuka Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Hadir dalam acara tersebut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri PUPR, Basuki dan Wakil Menteri ESDM, Archandra.

Rakernas ini diharapkan dapat mendorong pemerintah daerah dalam mewujudkan target-target nasional upaya pencapaian gerakan Indonesia bersih. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan