Walikota Dampingi Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Muhammadiyah Praktik ke Kasongan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya HM Riban Satia berkenan mendampingi mahasiswa program studi ilmu komunikasi (IlKom) Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP) melakukan praktik lapangan ke Kasongan, Kabupaten Katingan, Jumat (16/6/2017) pukul 13.30 WIB.

Lokasi praktik mahasiswa IIKom UMP ini adalah kantor Bupati Katingan. Di sini para mahasiswa diterima oleh kasubag humas dan Asisten Ahmad Rubama, karena Plt Bupati Katingan Sakariyas sedang ada tugas ke luar daerah.

Sebelum para mahasiswa diajak lebih mendetail mengenai tugas dan peran kehumasan, terlebih mereka melakukan tatap muka dengan kasubag humas dan Asisten Ahmad Rubama.

Di sini walikota menjelaskan kedatangan mahasiswa IIKom ke Kasongan ini dalam rangka untuk mengetahui secara konkrit bagaimana tugas dan peran kehumasan di pemerintahan dilaksanakan.

Selanjutnya para mahasiswa diajak masuk ruangan humas dan beberapa kantor dinas. Di sini para mahasiswa bisa menggali sistem kehumasan yang telah diterapkan dalam pemerintahan.

Walikota yang juga Dekan FISIP Universitas Muhammadiyah Palangka Raya ini menjelaskan mahasiswa IIKom sudah mendapatkan mata kuliah dasar public realtion atau kehumasan dan manajamen kehumasan, namun secara praktek baru didapat.

Maka dari itu untuk membekali mahasiswa bidang kehumasan secara teori maupun praktik, maka diperlukan kunjungan lapangan dengan melakukan dialog dan sharing dengan insan humas.

Diakui, peran humas ini sangat penting, karena fungsinya sebagai corong informasi pemerintah kepada masyarakat. Walikota juga mengibaratkan fungsi ilmu komunikasi ini ibarat seorang dokter.

Bila salah dalam memberikan informasi akan fatal. Begitu pula bila seorang dokter salah memberikan resep juga fatal bagi pasien. Maka dari itu perlu adanya skill dalam penyampaian informasi ke publik.

Diketahui, Prodi Ilmu Komunikasi di UMP baru dua tahun berjalan, namun para mahasiswanya sudah cukup banyak. Bahkan UMP menargetkan tahun ajaran 2017-2018 akan membuka prodi serupa di Kampus 2 Universitas Muhammadiyah Kasongan. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan