Walikota Buka Festival Seni Qasidah Tingkat Kota Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya HM Riban Satia secara resmi membuka Festival Seni Qasidah (FSQ) ke-IV tingkat Kota Palangka Raya di Gedung Pertemuan Tambun Bungai, Selasa (26/9/2017) pukul 20.00 WIB.

Acara pembukaan FSQ ini juga dihadiri Wakil Walikota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio, Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Karyawan Yunianto, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kota Palangka Raya, Baihaqi.

Hadir pula beberapa kepala satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya, Ketua Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) Kota Palangka Raya, Afendie dan Ketua Lasqi Provinsi Kalimantan Tengah.

FSQ ke-IV ini cukup meriah jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, karena jumlah pesertanya lebih banyak. Ketua Panitia FSQ Kota Palangka Raya, Misbah M.Ag mengatakan dalam lomba seni islami ini akan dipertandingkan 7 cabang lomba.

Di antaranya cabang lomba qasidah rebana dewasa putra dan putri diikuti enam group, lomba qasidah anak-anak putra dan putri diikuti 13 group, lomba hadrah dewasa diikuti 5 group, hardah anak-anak diikuti 7 group.

Kemudian cabang lomba bintang vokalis dewasa diikuti 13 group, cabang lomba bintang vokalis remaja diikuti 34 orang dan cabang lomba bintang vokalis anak-anak diikuti menjadi 57 orang. Semua kategori di atas akan disediakan trhopy, piagam, dan uang pembinaan. 

Misbah menjelaskan tujuan digelarnya FSQ tersebut untuk melestarikan seni islami dan menangkal seni-seni yang bisa merusak moral anak remaja, khususnyan di Kota Palangka Raya dan umumnya di dunia Islam.

Selain itu untuk mendukung para sanggar seni islami untuk selalu berkiprah agar kesenian islami tetap eksis di tengah era globalisasi yang semakin maju.

Selanjutnya dalam rangka mempersiapkan kontestan Kota Palangka Raya yang akan mengikuti FSQ tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang akan dilaksanakan di Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara pada 12 Oktober 2017. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan