Wali Kota : Tingkatkan Pengetahuan Pengelolaan Data yang Akurat dan Mutakhir

 

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kota Palangka Raya menyelenggaraan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Satu Data di Kota Palangka Raya tahun 2022 di Aula Peteng Karuhei II Kantor Wali Kota Palangka Raya, Rabu (8//6/2022).

Plt Kepala Diskominfo Kota Palangka Raya Fifi Arfina dalam laporannya menyampaikan bahwa bimtek satu data ini bertujuan memberikan pemahaman peran dan fungsi institusi lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya dalam mendukung Satu Data Indonesia. Di samping itu juga untuk meningkatkan kualitas SDM dalam menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan.

Adapun Bimtek ini mengambil tema Internalisasi Satu Data Indonesia di Kota Palangka Raya. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan perangkat daerah lingkup Pemko Palangka Raya, dengan menghadirkan narasumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Palangka Raya.

Kegiatan bimtek dibuka oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Amandus Frenaldi yang mewakili Wali Kota Palangka Raya.

Dalam sambutannya Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin menyampaikan bahwa pengaturan satu data Indonesia bertujuan mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu mudah diakses dan dibagipakaikan antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah melalui pemenuhan Standar Data, Metadata, Interoperabilitas Data, dan menggunakan Kode Referensi dan Data Induk.

“Melalui bimtek ini kita jadikan sebagai momentum yang tepat untuk meningkatkan kualitas SDM dalam rangka pengelolaan data sektoral di perangkat daerah masing-masing,” ucap Fairid.

Fairid juga mengimbau dan mengajak masing-masing perangkat daerah untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang standar data dan metadata, bertanggungjawab untuk penyediaan data statistik sektoral yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan. (MC. Isen Mulang/BambangW/ndk)

0 tanggapan

Beri Komentar

Ingin memberikan tanggapan?
Jangan Sungkan!

Tinggalkan Balasan