Wali Kota Se-Kalimantan Tanam Pohon Di Taman Pasuk Kameloh

Rapat Kerja Komisariat Wilayah (Komwil) V Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Regional Kalimantan di Palangka Raya menyelenggarakan aksi penanaman pohon jenis rambai di Taman Pasuk Kameluh, Kota Palangka Raya, Rabu (19/10/2022).

Adapun kegiatan penanaman pohon tersebut dipimpin langsung oleh Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin dan diikuti oleh seluruh Wali Kota Se- Kalimantan.

Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya mengucapkan terima kasih kepada para tamu dan peserta yang telah berpartisipasi dalam Raker Komwil V Apeksi Regional Kalimantan di Kota Palangka Raya.

“Saya pribadi dan atas nama Pemerintah Kota Palangka Raya mengucapkan banyak terimakasih atas partisipasi bapak/ibu serta hadirin sekalian yang dengan penuh semangat menyemarakkan kegiatan penanaman pohon dalam rangkaian acara rakerwil ini,” kata Fairid.

Disebutkannya bahwa menanam pohon berarti menanam doa, menanam harapan, dan menanam kerja kita semua untuk keberlanjutan hidup generasi yang akan datang.

Selain itu, dikatakan Fairid bahwa aspek dengan lahan hijau sering kali menjadi pemikiran tersendiri bahwa sebuah kota harus diperkuat dengan strategi dan kualitas pemanfaatan lahan yang ada, memodifikasi kawasan permukiman menjadi asri serta optimalisasi taman-taman kota. Fairid menyebutkan bahwa dipilihnya kawasan taman Pasuk Kameluh sebagai lokasi penanaman pohon dalam rangkaian kegiatan rakerwil ini adalah karena di sini merupakan kawasan tepian sungai Kahayan yang dulunya hutan sebelum menjadi kawasan perkotaan, maka seyogyanya akan dhijaukan kembali.

“Semoga pohon yang ditanam oleh seluruh walikota di tempat ini bisa bertumbuh dan rindang. Ke depannya diharapkan kegiatan menanam pohon ini dapat dijadikan momentum strategis dalam upaya untuk mengantisipasi dampak perubahan iklim global, degradasi dan deforestasi hutan serta lahan sebagai bagian dari upaya konservasi, yang insyaallah mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk anak cucu kita,” tutupnya.

Selanjutnya usai mengikuti acara gowes dan penanaman pohon, rombongan Wali Kota melakukan City Tour menuju Borneo Orangutan Survival Federation (BOSF) di Nyaru Menteng untuk mendengarkan paparan sekaligus pengenalan BOSF kepada peserta, dan acara diakhiri dengan makan siang bersama di Eco Village Bukit Batu.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Eksekutif Apeksi, Alwis Rustam; Wakil Wali Kota Palangka Raya, Hj. Umi Mastikah; unsur FKPD Kota Palangka Raya; Sekda Kota Palangka Raya; Ketua TP PKK Kota Palangka Raya; Kepala OPD di Lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya serta tamu undangan lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *