Wali Kota Palangka Raya Ikuti Apel Kehormatan Dan Renungan Suci Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-77

MEDIA CENTER, Palangka Raya- Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin didampingi Wakil Wali Kota Palangka Raya, Umi Mastikah mengikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangka HUT ke-77 Republik Indonesia yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan Sanaman Lampang Palangka Raya, Rabu (17/8/2022) dini hari.

Adapun pelaksanaan Apel Kehormatan dan Renungan Suci tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Kalteng, Irjen Pol Drs. Nanang Avianto, M.Si yang sekaligus bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Kapolda dalam amanat naskah peringatannya menekankan bahwa pentingnya untuk menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah memberikan kemerdekaan untuk generasi saat ini. Termasuk yang telah diperjuangkan oleh 66 pahlawan asal TNI, 2 Kepolisian dan 3 Pejuang Rakyat yang dimakamkan di TMP Sanaman Lampang tersebut.

“Kami akan mengenang saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian demi harkat serta martabat negara dan bangsa,” kata Kapolda.

Lebih lanjut Kapolda menyebutkan bahwa perjuangan kemerdekaan bangsa tidak hanya sampai di sini saja, tetapi tetap harus dipertahankan untuk menggapai cita-cita pahlawan untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang besar.

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara adalah perjualangan kami juga. Kami akan terus berdoa semoga arwah saudara-saudara dapat diterima Tuhan Yang Maha Esa sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin menyebutkan bahwa Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini adalah sebagai wujud dari penghormatan atas jasa Para Pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan bangsa Indonesia. Selain itu, ini juga sebagai renungan untuk melanjutkan perjuangan para Pendiri Bangsa.

Dikatakannya juga jika kegiatan renungan suci ini merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap tahun untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan Kota Palangka Raya dan Kalteng yang telah gugur membantu memperjuangan kemerdekaan Indonesia.

“Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 77, semoga mampu dimaknai oleh seluruh masyarakat untuk terus berjuang melawan kemiskinan, ketidaksejahteraan kebodohan hingga mengentaskan kemiskinan,” kata Fairid.

Hadir dalam kegiatan ini, Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo, Forkopimda Prov. Kalteng, Dandim 1016 Palangka Raya, Kepala Kejaksaan Negeri Palangka Raya, unsur FKPD Kota Palangka Raya, serta tamu undangan lainnya. MC. Isen Mulang/Nitra/wspd

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *