Wakil Walikota Pimpin Rapat Bahas Perluasan JKN-KIS

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio memimpin rapat membahas perluasan program JKN-KIS bersama BPJS Kesehatan, Senin (8/8/2017).

Rapat yang dilaksanakan di Ruang Peteng Karuhei I ini juga diikuti Plt Sekda Kandarani, Kepala Dinas Sosial Palangka Raya, Fauliansyah dan seluruh lurah.

Dalam pertemuan ini pihak BPJS Kesehatan kembali memaparkan progress cakupan peserta JKN-KIS yang preminya dibayarkan oleh Pemerintah Kota Palangka Raya.

Hingga Agustus 2017 ini penerima kartu JKN-KIS gratis dari Pemkot Palangka Raya mencapai 20.520 jiwa. Bulan ini saja tagihan BPJS Kesehatan ke Pemkot Palangka Raya mencapai Rp471,960,000.

Angka 20.520 peserta JKN-KIS gratis ini menurut Fauliansyah setiap bulan selalu berubah-ubah, karena ada peserta mandiri kemudian masuk menjadi peserta PBI.

Sementara itu Plt Sekda Kandarani meminta kepada lurah untuk mendata lagi warganya, sehingga bisa diketahui masih atau tidaknya warganya yang berhak menerima JKN-KIS gratis atau tidak.

“Jika memang masih ada warga yang tidak mampu bisa dialihkan kepersertaannya,” pesannya. Saran Kandarani ini masuk akal, karena dana yang disiapkan Pemkot Palangka Raya untuk program kesehatan gratis ini ternyata masih sekitar Rp5 miliar lagi.

Mewakili lurah lainnya, Lurah Kalampangan siap melakukan pendataan lagi. Hanya saja dalam pertemuan ini pihaknya menyayangkan kebijakan BPJS Kesehatan yang dalam mendistribusikan kartu JKN-KIS tidak koordinasi dengan aparatur kelurahan.

Dampak tidak koordinasi ini mengakibatkan dalam pendistribusian kartu JKN-KIS mengalami permasalahan, sebab ada ratusan kartu JKN-KIS ternyata bukan warga Kalampangan.

Maka dari itu Lurah Kalampangan mengharapkan lurah yang berada terdekat dengan rakyatnya untuk segera mengecek ke kantornya, siapa tahu identitas dalam kartu JKN-KIS itu adalah warganya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan