Wakil Walikota Palangka Raya Hadiri FGD SIPO di Bandung

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wakil Walikota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio menghadiri acara focus group discussion (FGD) implementasi sistem informasi perusahaan online (SIPO) di Bandung, Jawa Barat, 22-23 Maret 2018.

Dalam FGD ini hadir pula Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palangka Raya Aratuni Djaban dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Palangka Raya, Renson.

FGD yang dilaksanakan di El Royale Hotel, Bandung ini diikuti oleh 100 orang bupati dan walikota seluruh Indonesia, termasuk kepala dinas yang membidangi perdagangan dan DPMPTSP. Totalnya ada 70 kota dan 30 kabupaten.

FGD yang digelar oleh Kementerian Perdagangan ini merupakan tindak lanjut dari arahan presiden dalam rangka meningkatkan kemudahan berusaha di Indonesia melalui pemangkasan prosedur perizinan, percepatan waktu proses, dan penghapusan atau pengurangan biaya administrasi perizinan.

Kementerian Koordinator Perekonomian telah membangun online single submission (OSS) yang akan diintegrasikan dengan SIPO. Saat ini SIPO telah terhubung dengan DPMPTSP di kabupaten dan kota untuk memberikan pelayanan penerbitan SIUP, TDP, IUTM, STPW, dan TDG secara online.

Adapun nara sumber FGD ini adalah Deputi Pencegahan KPK, Ombudsman, Inspektur Jenderal pada Kementerian Perdagangan yang juga Ketua Tim Harian Satgas Percepatan Berusaha Kemendag, Deputi Bidang Pengembangan dan Operasional PP INSW Kementerian Keuangan, Deputi Bidang Kemaritiman di Sekretariat Kabinet, dan Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri.

Sedangkan materi FGD yakni pencegahan praktek korupsi melalui sistem perizinan online, optimalisasi pelayanan publik melalui perizinan online, solusi maladministrasi kebijakan, rencana aksi integrasi SIPO dengan OSS, dukungan SIPO terhadap implementasi OSS, percepatan pelaksanaan kemudahan berusaha sesuai Perpres Nomor 91 Tahun 2017, dan evaluasi perizinan di daerah sesuai UU Nomor 23 Tahun 2014. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan