Verifikasi Faktual Ulang Dukungan Perseorangan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Selama dua hari mulai 30-31 Desember 2017 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya melakukan verifikasi ulang dukungan bakal calon perseorangan atau independen di Kelurahan Menteng, Kecamatan Jekan Raya.

Verifikasi ulang ini dilakukan karena ada ketidakpuasan atas verifikasi faktual yang dilakukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Menteng, sehingga pasangan bakal calon Yuliastri-Fathul Munir dan Rizky Mahendra Nihin-Daryana melayangkan surat keberatan kepada Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Palangka Raya.

Surat keberatan tersebut juga disampaikan kepada KPU Kota Palangka Raya. Kedua tim meminta agar dilakukan verifikasi ulang di Kelurahan Menteng dan akhirnya permintaan mereka disetujui oleh PPS Menteng dibantu KPU Palangka Raya.

“Tim KPU turun langsung ke PPS Menteng untuk mem-back up PPS Menteng untuk melakukan verifikasi faktual ulang terhadap dukungan Rizky-Daryana dan Yuliusty-Munir,” kata Komisioner KPU Kota Palangka Raya, Sastriadi, Sabtu (30/12/2017).

Verifikasi ulang yang dimulai sejak pagi dilakukan dengan mendatangi rumah-rumah warga yang namanya tercantum dalam daftar dukungan bakal calon. Salah satu yang disasar PPS Menteng adalah Komplek Bangas Permai.

Di komplek ini tim Rizky-Daryana menghadirkan 50 warga untuk dikonfirmasi apakah mereka memang mendukung atau tidak. Selain itu anggota PPS Menteng juga mencocokan data antara yang tertera di KTP dengan kondisi warga.

Sementara itu Ketua KPU Kota Palangka Raya, Eko Riadi mengatakan verifikasi faktual ulang untuk pasangan Yuliastri-Munir dan Rizky-Daryana ini dibatasi hingga pukul 11.00 WIB, Minggu (31/12/2017), karena hari itu juga hasilnya akan diplenokan.

Dengan demikian hasil sementara terhadap pleno hasil verifikasi faktual tahap I akan bisa diketahui apakah dukungan pasangan Yuliastri-Munir dan pasangan Rizky-Daryana memenuhi batas minimal 19.700 dukungan atau tidak.

Jika tidak, maka keduanya pasangan bakal calon tersebut masih memiliki kesempatan untuk menambahi dukungan di tahap II bersama dua bakal calon lainnya yakni pasangan Nampung-Budi Santoso dan pasangan Dagut-Fitriadi Yusuf. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan