Verifikasi Faktual Dukungan Calon Perseorangan Libatkan Mahasiswa

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Proses verifikasi faktual dukungan calon perseorangan atau independen di Kota Palangka Raya telah berakhir, Senin (25/12/2017) pukul 24.00 WIB.

Karena jumlah dukungan dari lima bakal calon walikota dan wakil walikota dari jalur perseorangan mencapai puluhan ribu, maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya menambah petugas verifikator.

Selain masyarakat biasa, petugas verifikator tambahan ini dari para mahasiswa. Tugas mereka membantu penitia pemungutan suara (PPS) untuk melakukan verifikasi faktual.

Para verifikator tersebut mendatangi satu per satu warga yang namanya terdaftar dalam dokumen dukungan yang telah diajukan bakal calon independen ke KPU.

“Sesuai aturan, PPS diberikan kewenangan merekrut petugas verifikator agar proses verifikasi faktual lebih cepat,” tutur Anggota KPU Kota Palangka Raya, Wawan Wiraadmaja, Rabu (27/12/2017).

Wawan menjelaskan sesuai aturan seluruh dukungan pasangan calon harus diverifikasi faktual. Jika tidak bisa ditemui, maka tim dari pasangan calon harus bisa menghadirkan kepada tim verifikator.

Jika tim paslon tidak bisa menghadirkan warga yang diklaim telah mendukung itu hingga pukul 24.00 WIB Senin (25/12/2017), maka dukungan tersebut dinyatakan gugur.

Wawan mengatakan hasil verifikasi faktual akan diplenokan di tingkat kecamatan, Rabu (27/12/2017) dan kemudian akan diplenokan di tingkat KPU Palangka Raya, Jumat (29/12/2017).

Jika dalam pleno nanti jumlah dukungan bakal calon perseorangan tidak memenuhi batas minimal 19.700 dukungan, maka para calon masih diberi kesempatan untuk menambahnya, namun jumlahnya dua kali lipat dari kekurangan tersebut.

Setelah itu menurut Wawan tim verifikator akan melakukan verifikasi faktual tahap dua dan jika hasilnya masih tetap kurang, maka bakal calon tersebut tidak bisa melaju ke tahap berikutnya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan