Vaksinasi Cara Efektif Cegah Penyebaran Virus Rabies

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Palangka Raya, Aratuni D Jaban secara resmi membuka peringatan hari rabies sedunia (World Rabies Day) tahun 2023 di halaman kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Palangka Raya, Sabtu (7/9/2023).

Dalam sambutan Pj Walikota Palangka Raya yang dibacakan Aratuni mengatakan rabies merupakan penyakit hewan yang disebabkan oleh virus yang dapat menular ke semua manusia dan dapat mengancam jiwa.

Penularan dapat terjadi melalui gigitan hewan positif rabies baik dari hewan ke hewan maupun hewan ke manusia. Bahkan melalui kontak gigitan dan air liur hewan positif rabies perlu diwaspadai mengingat sebagian besar banyak ditemui dari hewan peliharaan warga.

“Mayoritas hewan pembawa rabies merupakan hewan kesayangan yaitu anjing dan kucing yang sangat dekat dengan kehidupan manusia oleh karena itu perlu kewaspadaan serius terhadap hewan kesayangan kita,” ucapnya.

Upaya pencegahan adalah upaya yang paling efektif terhindar dari virus rabies yaitu melalui vaksinasi rabies yang dilaksanakan serentak pada hari ini.

Dirinya menambahkan upaya penanggulangan penyakit rabies bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata akan tetapi menjadi tanggung jawab semua pihak.

“Kecepatan pemerintah dalam menangani vaksinasi rabies pada hewan dan korban rabies pada manusia adalah sebuah sinergi pencegahan dan penanggulangan penyakit rabies. Sinergi itu disebut All for 1, One Health for All sebagaimana tema hari rabies sedunia tahun 2023,” tambahnya.

Terkait peran vaksinator yang saat ini bekerja di daerah rawan virus rabies, dirinya memberikan apresiasi setinggi-tingginya untuk kader vaksinator yang telah berjuang keras untuk kesehatan masyarakat Kota Palangka Raya. (MC Kota Palangka Raya/Gusti/ndk)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *