Usai Mendapat Gelar Adat, Kapolres Palangka Raya di Tampung Tawar

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ada suasana  berbeda di rumah jabatan (Rujab) Walikota Palangka Raya, dimana tampak sejumlah tokoh adat Dayak berkumpul. Ternyata disana ada kegiatan pelaksanaan tampung tawar untuk  menyambut Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar yang telah mendapat gelar kehormatan dari masyarakat Dayak sebagai “Mantir Panambahan Karambang Lewu Mandereh Danum”.

Gelar  yang disandang oleh Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar tersebut diberikan  oleh Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng, ketika HUT Polda beberapa waktu lalu.

“Gelar satu jabatan dalam suku Dayak ini penting. Karena Kapolres yang menerima gelar tersebut, maka secara adat harus melalui ritual tampung tawar,” ungkap Walikota Palangka Raya HM Riban Satia, sebagai Ketua DAD Kota Palangka Raya, Rabu (4/4/2018).

Menurut Riban , gelar yang disandang oleh Kapolres bukanlah jabatan adat sembarangan, karena merupakan warga kehormatan Dayak Kalteng, yang dipandang mampu menjaga keamanan dan ketertiban serta bertanggungjawab sebagai pelindung, penganyom dan penegakan hukum dalam rangka meningkatkan harkat dan martabat masyarakat adat Dayak.

“Bagaimana nantinya mantir adat (kapolres) bisa bekerjasama dengan Pemerintah Kota Palangka Raya, untuk memberikan dukungan moral , tugas dan fungsi dalam menjaga kamtibmas di ‘Kota Cantik’ ini,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Kapolres AKBP Timbul RK Siregar memberikan apresiasi yang sangat besar atas kepercayaan masyarakat adat Dayak, dengan memberikan gelar kehormatan tersebut. “Saya akan menjaga kepercayaan ini, dengan terus menjaga kamtibmas di Kota Palangka Raya dengan baik  sesuai harapan bersama,” tegasnya.

Timbul RK Siregar meminta dengan masyarakat adat untuk ikut serta  menciptakan kamtibmas yang kondusif, pada acara tampung tawar yang dibalut dengan syukuran tersebut, dihadir para panatua adat Dayak, seperti Lewis KDR,  Ketua Harian DAD Kalteng Andrie Ellia Embang, Damang pahandut, Marcos Tuwan, serta tokoh adat Dayak lainnya. Acara juga dihadiri pejabat TNI, Polri dan jajaran Pemerintah Kota Palangka Raya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan