UMKM Di bekali Kewirausahaan agar terampil dan Mandiri

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) menggelar pelatihan kewirausahan bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Kota Palangka Raya.

Pelatihan yang dilaksanakan di Aula Pertemuan  BP2PNF, Kamis (12/7/2018),  di buka oleh kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Palangka Raya, Afendie, serta turut dihadiri Ketua Asosiasi Akunmandiri Kota Palangka Raya, Daryono dan sejumlah moivator pelatihan, antara lain dari pihak BRI Cabang Palangka Raya, Diskop dan UKM Palangka Raya dan Provinsi Kalteng maupun para motivator/ narasumber pelatihan, seperti Rizky Mahendra Nihin. 

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Palangka Raya, Afendie mengatakan dalam sambutannya, salah satu faktor yang senantiasa menjadi permasalahan yang harus dihadapi saat ini adalah faktor kurangnya ketersediaan tenaga kerja, sehingga berdampak pada ekonomi dalam kehidupan masyarakat.

Persoalan tersebut, tentu menjadi tanggungjawab bersama, baik pemerintah maupun pihak swasta, termasuk masyarakat itu sendiri.

“Salah satu dari upaya untuk menanggulangi permasalahan  tersebut, adalah melalui pelatihan kewirausahaan. Seperti pada pelatihan yang digelar Diskop dan UKM ini, tentu lebih menekankan pada pembentukan keterampilan/praktek (skil), yang kelak bisa menjadi modal bagi peserta untuk menjadi wirausaha yang sukses,” ungkap Afendie  

Melalui pelatihan ini tambah dia, diharapkan para wirausahaan mampu turut serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta meningkatkan daya saing SDM dalam bidang kewirausahaan.
“Pemerintah daerah juga tentu akan berupaya lebih banyak lagi menganggarkan dana APBD untuk meningkatkan kewirausahaan di Palangka Raya, sehingga kewirausahaan yang ada mampu bersaing dan berkembang,” cetusnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro pada Diskop dan UKM Palangka Raya, Ivoni menyampaikan, bahwa kegiatan pelatihan merupakan tupoksi Dinas Koperasi dan UKM untuk mewujudkan agar para pelaku UMKM dapat lebih mandiri.

“Diskop dan UKM Palangka Raya setiap tahunnya, selalu menggelar kegiatan pelatihan, untuk menjadikan UMKM yang maju dan mandiri melalui penguatan pelatihan dan pengetahuan,” ujarnya.

Pelatihan kali ini tambah dia, dilaksanakan dari tanggal 12-14 Juli 2018, yang diisi dengan materi yang disampaikan para motivator, seperti pengetahuan dan wawasan bagi UMKM, pengembangan usaha UMKM,  materi semangat dalam berwirausaha serta materi lainnya. Pelatihan kewirausahan ini diikuti 60 peserta  yang berasal dari pelaku UMKM di Kota Palangka Raya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan