Umat Hindu Kota Palangka Raya Rayakan Hari Raya Saraswati

MEDIA CENTER, Palangka Raya-Umat Hindu Kota Palangka Raya memadati pura Pitamaha merayakan hari raya Saraswati di Jalan Kinibalu Kota Palangka Raya, Sabtu (22/10/2022).

Memaknai hari raya Saraswati yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2022, Umat Hindu di Kota Palangka Raya melaksanakan persembahyangan bersama-sama.

Sebagai salah satu hari besar agama Hindu, Hari Raya Saraswati mengandung makna turunnya ilmu pengetahuan sekaligus sebagai penghormatan terhadap Dewi Pengetahuan yaitu Dewi Saraswati.

Menurut Made, salah seorang warga mengatakan peringatan hari raya Saraswati ini dimaknai sebagai hari turunnya Ilmu Pengetahuan, Umat Hindu Dharma di Kota Palangka Raya merayakannya setiap 210 hari, dengan menggunakan perhitungan kalender Bali. Pada hari Saraswati dilakukan pemujaan pada Dewi Saraswati sebagai Dewi Ilmu Pengetahuan dan Seni.

“Hari Raya Saraswati dirayakan setiap 210 hari sekali, dimana hari tersebut adalah hari yang sangat penting bagi umat Hindu, karena pada hari tersebut dipercaya sebagai turunnya ilmu pengetahuan suci kepada umat manusia untuk kemakmuran, perdamaian,dan kemajuan,” ucapnya.

Made menambahkan melalui perayaan ini umat Hindu wajib mengajukan hari turunnya ilmu pengetahuan itu dengan melakukan persembahan kepada Sang Hyang Aji Saraswati (Dewi Saraswati), mengucapkan terima kasih dan syukur atas anugerah ilmu pengetahuan yang telah diberikan menjadi manusia yang beradab dan berbudaya.

“Dengan peringatan Hari Raya Saraswati ini seluruh umat harus bersyukur kepada Sang Hyang Widhi atas kemurahan-Nya yang telah menganugerahkan vidya (ilmu pengetahuan) dan kecerdasan kepada umat manusia,” pungkasnya.

Berbeda dari hari biasanya, dalam perayaan kali ini setelah persembahyangan Umat Hindu melaksanakan rembuk sastra dan menyaksikan tarian Bali bersama warga dan mahasiswa/mahasiswi Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Kota Palangka Raya.MC Isen Mulang/Gusti/ndk

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *