Tradisi Menjelang Hari Paskah Umat Kristiani Bersih-Bersih Kuburan

MEDIA CENTER,  Palangka Raya –  Ada pemandangan yang unik dan menarik di Kota Palangka Raya  beberapa hari menjelang hari Jum’at Agung dan perayaan Paskah, karena umat Kristiani berbondong-bondong mengunjungi   tempat pemakaman umum Kristen, antara lain di  jalan Tjilik Riwut Km 2,5 Palangka Raya  dan Pekuburan Kristen Pahandut jalan Bangka, dari pantauan Tim Media Center Isen Mulang Palangka Raya, Kamis (29/3/2018).

‘Ada apa”? rupanya sudah tradisi bagi umat Kristiani Kota Palangka Raya untuk mengunjungi kuburan keluarga, sanak saudara, orang tua yang mereka kasihi untuk dibersihkan menjelang hari  Jum’at Agung dan Paskah dengan maksud sebagai bentuk rasa hormat,  kasih dan perhatian  walaupun sudah meninggal dunia.

Setelah bersih-bersih, umat Kristiani  dengan penuh sukacita menaburkan bunga, meletakan karangan bunga dan menyalakan lilin pada pusara  orang yang mereka kasihi. Menurut Elen yang kami temui di pekuburan kristen jalan Bangka Pahandut, tradisi seperti ini sebagai repleksi mengingat peristiwa kematian Tuhan Yesus di kayu salib  dan  bangkit dari kubur pada hari ketiga.

Selanjutnya Elen menuturkan bahwa tradisi  bersih-bersih kuburan menjelang paskah merupakan warisan dari orang tua turun temurun dan berharap supaya dapat dipertahankan dan dilestarikan oleh anak cucu.

Hari Paskah jatuh pada hari Minggu, 1 April 2018,  yang unik dari perayaan Paskah di Kota Palangka Raya adalah  tradisi ibadah  Paskah yang di laksanakan di kuburan pada hari Minggu Subuh pukul 04.00 WIB, dan setelah pulang dari kuburan dilanjutkan lagi ibadah Paskah di Gereja masing-masing. (MC. Isen Mulang/tina/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan