TPPS Kota Palangka Raya Gelar Diskusi Panel Audit Kasus Stunting dan Manajemen Kasus Stunting

 

MEDIA CENTER, Palangka Raya-Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kota Palangka Raya menggelar Acara Diskusi Panel Audit Kasus Stunting Dan Manajemen Kasus Stunting Tahun 2022 di Aula BP PAUD Kota Palangka Raya, Selasa (4/10/2022). .

Adapun acara diskusi tersebut di buka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Palangka Raya, Hj Umi Mastikah selaku ketua TPPS Kota Palangka Raya.

Dalam sambutannya Umi menyebutkan bahwa stunting merupakan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar.

“Stunting merupakan permasalahan serius yang memerlukan penanganan secara tepat dan menyeluruh karena dampak yang ditimbulkan akan sangat merugikan pada tumbuh kembang anak,” kata Umi.

Menurutnya dampak jika terkena stunting bukan hanya pada masa depan anak itu sendiri, namun juga akan berdampak pada keluarga serta bagi peningkatan kualitas ssumber daya manusia dan kelangsungan pembangunan bangsa dan negara di masa yang akan datang.

Oleh karena itu lanjutnya, diskusi ini penting dilakukan agar seluruh komponen yang tergabung dalam struktur Tim Audit Kasus Stunting yang telah dibentuk dapat memahami tugas dan tanggung jawabnya masing-masing serta dapat bersinergi dalam melaksanakan seluruh kegiatan yang berkaitan dengan percepatan penurunan stunting di wilayah dimasing-masing.

“Untuk itulah melalui diskusi ini saya harap dapat memastikan pelaksanaan Audit Kasus Stunting dapat berjalan secara sistimatis dan berkesinambungan serta sebagai langkah kongkrit dalam upaya percepatan penurunan angka stunting,” katanya.

Selain itu, dikatakannya juga bahwa kasus stunting adalah hambatan dari pengembangan SDM yang harus kita selesaikan, karena bagaimanapun pembangunan fisik tidak akan bisa berjalan dengan baik apabila SDM yang ada tidak mumpuni.

“Maka dari itu kami mengharapkan kita semua merapatkan barisan untuk sama-sama mendukung upaya pemerintah untuk percepatan penurunan stunting dalam aksi nyata demi terciptanya SDM yang berkualitas di masa depan,” tutupnya. MC. Isen Mulang/Nitra/ndk

0 tanggapan

Beri Komentar

Ingin memberikan tanggapan?
Jangan Sungkan!

Tinggalkan Balasan