Tokoh Adat Dayak Gelar Deklarasi Damai Pilkada 2018

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Para tokoh adat Dayak yang ada di Kota Palangka Raya, berkumpul di rumah jabatan (Rujab) Wali Kota Palangka Raya, Rabu (4/4/2018). 
Kehadiran para tokoh adat Dayak yang terdiri dari para damang dan  mantir adat serta para panatua adat Dayak se Kota Palangka Raya tersebut, adalah untuk melaksanakan deklarasi damai untuk menghadapi pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018.

Deklarasi yang dipimpin Ketua Harian Dewan Adat Dayak (DAD) Kota Palangka Raya, Mambang Tubil membacakan empat poin deklarasi damai, yakni, pertama mendukung pelaksanaan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah Kota Palangka Raya secara demokratis dan damai.

Kedua bersikap netral dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah, ketiga, bekerjasama mewujudkan ketertiban dan ketentraman masyarakat dengan mendorong pelayanan, pengayoman dan penegakan hukum oleh Kepolisian Republik Indonesia yang profesional dan berkeadilan dengan memperhatikan adat dan budaya dayak Kalimantan Tengah.

Dan terakhir adalah berkomitmen untuk mengajak masyarakat Kalimantan Tengah untuk menjunjung tinggi filosofi “belum bahadat” atau adat daerah dalam wilayah “huma betang”, serta melaksanakan pribahasa di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung.

Sementara itu Walikota Palangka Raya, HM Riban Satia yang juga sebagai Ketua DAD Kota Palangka Raya usai pelaksanaan deklarasi, mengharapkan kegiatan deklarasi tersebut dapat menjadi komitmen bersama dalam menciptakan pilkada berkualitas dan damai.

“Apa yang dideklarasikan hari ini bukan hanya ungkapan tetapi sebagai komitmen untuk dilaksanakan oleh para tokoh adat Dayak dalam setiap sendi kehidupan,”ucapnya.

Sedangkan Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar mengajak seluruh masyarakat untuk turut aktif dalam menciptakan suasana pilkada damai.

“Apapun yang dilakukan pemerintah termasuk para aparat dalam menciptakan pilkada damai dan berkualitas tidak akan maksimal jika masyarakat tidak aktif mendukung upaya tersebut,” tegasnya.

Dalam deklarasi tersebut turut dihadiri jajaran SOPD dan jajaran Forkopinda lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan