TN Tanjung Puting Kalteng Menjadi Tujuan Utama Kegiatan Wonderful Sail 2018

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pelabuhan Panglima Utar, Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) harus bangga, pasalnya tidak lama lagi akan menyambut setidaknya 70 kapal yacht (kapal pesiar mini) peserta Wonderful Sail to Indonesia 2018.

Para yachter atau wisatawan mancanegara (wisman) penggemar wisata bahari ini tiba di teluk Kumai diperkirakan pada tanggal 7 Oktober 2018 dan akan melakukan kegiatan wisata di Kobar hingga tanggal 11 Oktober 2018.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah, Guntur Talajan, Rabu (26/9/2018), via seluler mengatakan, Pemrov Kalteng melalui Disbudpar provinsi maupun Disbudpar Kobar sudah melakukan persiapan. Seperti menyiapkan fasilitas pendukung termasuk tempat-tempat wisata yang akan dikunjungi oleh para yachter yang diperkirakan datang berjumlah 250 orang dari berbagai negara.

Secara umum pelabuhan Kumai sudah siap menyambut sebagai tempat bersandarnya kapal-kapal pesiar itu. “Saat ini peserta wonderful masih berlabuh di pantai Lovina Bali, sebelum menuju keteluk Kumai,” tuturnya.

Selain itu tambah Guntur, fasilitas pendukung lainnya telah disiapkan salah satunya, money changer untuk memudahkan tamu asing  menukarkan uang bekerjasama dengan BNI. Selain itu disiapkan pula souvenir khas Kalteng.

Terkait dengan kedatangan yacther internasional ini tambah dia, para travel agent di Kobar juga telah menyiapkan 7 paket wisata pilihan menarik. Ketujuh paket wisata tersebut adalah Tanjung Harapan, Pondok Tangguo, Pesalat, Pondok Ambung, Camp Leakey, Sungai Buluh Besar, dan Sungai Arut serta Sungai Perlu.

“Para yachter akan diajak berkeliling dan bermalam dengan menggunakan kapal klotok menuju tujuan paket wisata ini “sebutnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kobar, Wahyudi didampingi Gauri V.D dan Kristin Naigolan utusan Disbudpar Kalteng ditemui awak Media Center Isen Mulang Palangka Raya di Kabupaten Buleleng Bali, tepatnya di pantai Binaria Lovina (area patung lumba-lumba) mengatakan, pihaknya telah menyerahkan aksesoris, seperti baju, topi, bendera dan  lainnya, dan juga brosur serta video dokumenter destinasi wisata di Kobar kepada para yachter peserta wonderful yang akan dikenakan saat masuk ke teluk Kumai.

“Jadi sebelum memasuki teluk Kumai nantinya para yachter sudah mengenakan aksesoris yang kita berikan. Secara umum, kesiapan menyambut wonderful di Kobar sudah mencapai 100 persen,” bebernya.

“TN Tanjung Puting memiliki keunggulan berupa hutan tropis sebagai habitat asli orang utan di Indonesia dan menjadi destinasi kelas dunia,”   dan telah diusulkan menjadi destinasi pariwisata prioritas atau masuk ke dalam Bali Baru (New Bali). (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan