Tim Tari Pedalaman Mura Sabet Juara 1

MEDIA CENTER, Palangka Raya  – Ribuan penonton memadati GOR Panunjung Tarung, Jalan Maluku Kabupaten Kuala Kapuas, Kamis malam (03/05/2018)

Suara gemuruh sorakan dan tepuk tangan ribuan penonton yang memadati GOR Panunjung Tarung terdengar, memberikan semangat kepada timnya.

Lomba tari pedalaman yang baru dimulai pukul 20.00 Wib dan baru selesai 23.00 Wib tadi malam, membawa tim Kabupaten Murung Raya menjuarai lomba kategori penyaji unggulan diikuti Barito Timur, Katingan, Palangka Raya dan Barito Selatan.

Tarian yang dibawakan tim Mura ini berjudul Nonyok Johin Totungka ini berasal dari bahasa siang yang berarti Nonyok adalah mendirikan, Johin artinya tiang pancang yang terbuat dari kayu ulin dan Totungka artinya paling besar, paling kuat dan paling tengah.

Tarian Nonyok Johin Totungka ini mengangkat filosopi kayu ulin sebagai bahan dasar tiang utama rumah adat Betang yang kuat dan besar, tidak dimakan rayap, tidak mudah rapuh dan busuk sehingga harapan para leluruh nenek moyang terdahulu saat menancapkan tiang utama ini mereka berharap agar tiang pancang ini tetap menopang rumah betang, berdiri kokoh walaupun dimakan jaman.

Lomba tari pedalaman cukup istimewa mengingat dari beberapa event yang sudah digelar pada Festival Budaya Isen Mulang Tahun 2018 baru pada lomba ini yang disaksikan oleh istri Gubernur Kalimantan Tengah yang juga Ketua TP PKK Kalimantan Tengah ( MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan