Tim Putra Barito Selatan Juara I Menebang, Memotong dan Membelah Kayu

MEDIA CENTER, Kapuas – Kemahiran dan kecepatan tim Kabupaten Barito Selatan dalam memotong dan membelah kayu dalam lomba maneweng, manetek, manyila kayu pada Festival Budaya Isen Mulang tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang diadakan di Kabupaten Kapuas pada hari ke dua, Kamis (3/5/2018) membuahkan hasil menggembirakan.

Dengan hitungan menit tim dari Buntok ini bisa memotong kayu bulat dengan diameter 20 centi meter. Dengan hitungan menit pula tim ini dengan cepat membelah kayu menjadi empat belahan.

Hasilnya, tim Barito Selatan berhasil meraih juara I pada lomba maneweng, manetek, manyila. Kemudian juara II diraih Kabupaten Murung Raya dan juara III Kotawaringin Timur.

Dalam lomba ini juara harapan I diraih oleh tim dari Kabupaten Barito Utara, juara harapan II Kabupaten Kapuas, dan juara harapan III Kabupaten Lamandau.

Jalannya lomba memotong kayu ini cukup menyita perhatian para penonton. Mereka memberikan dukungan kepada tim daerahnya. Namun sebelum dimulainya pertandingan, semua tim terlebih dahulu melakukan ritual di dekat kayu yang akan dipotong.

Kecepatan peserta lomba dalam memotong kayu dengan alat kapak tradisional disebut beliung ini langsung dimonitor oleh tiga dewan juri yakni Martinus, Yantro, dan Muris Gerson.

Bagi Martinus, dalam lomba ini tidak semata-mata untuk menjadi juara, namun yang lebih penting adalah untuk melestarikan budaya Dayak Kalimantan agar tetap lestari dan terjaga. (MC. Isen Mulang)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan