Tim Kementerian Mulai Melakukan Penilaian Adipura di Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Mulai Senin (4/12/2017) kemarin tim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH) Regional Kalimantan dari Balikpapan melakukan penilaian tahap I (PI) Adipura di wilayah Kota Palangka Raya.

Selama melakukan penilaian, tim penilai yang berjumlah dua orang ini juga didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya Rawang dan Kasi Kebersihan pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Palangka Raya, M Alfath.

Dalam melakukan penilaian ini tim penilai Adipura juga didampingi pejabat dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Tengah. Ada puluhan titik pantau yang mereka cek dan nilai selama berada di Kota Palangka Raya.

Di antaranya titik pantau yang dinilai adalah lokasi kantor Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Palangka Raya, SDN 4 Menteng, Puskesmas Bukit Hindu, komplek perumahan di Jalan Bandeng V Kelurahan Bukit Tunggal.

Selain itu tim juga mengecek fasilitas publik seperti Taman Pemuda di simpang empat bundaran kecil, Taman Tugu Soekarno di Jalan S Parman. Tim juga meninjau fasilitas pendukung, termasuk kondisi kebersihan di lokasi Pasar Kahayan.

Diketahui, Palangka Raya masuk kategori kota sedang dalam penilaian Adipura. Kini syarat minimal agar bisa mendapatkan piala Adipura harus mengantongi poin 75 atau naik tiga poin dari sebelumnya yang hanya 72 poin.

Untuk mewujudkan agar Kota Palangka Raya bisa memboyong piala Adipura, maka sudah dilakukan berbagai pembenahan. Salah satunya pembuatan taman yang sebelumnya digunakan untuk berjualan para pedagang kreatif lapangan (PKL).

Ruang terbuka hijau (RTH) tersebut kini sudah disulap menjadi taman yang asri dan hijau. Salah satunya Taman Yos Sudarso, Taman Garuda, Taman Lansia. Hasilnya, skor taman ini meningkatkan grade menjadi 80 poin lebih. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan