Tim Karungut Kota Palangka Raya Raih Hasil Gemilang

MEDIA CENTER, Kuala Kapuas- Hasil gemilang ditoreh tim Lomba Karungut (Pantun yang dilagukan diiringi musik kecapi)Kota Palangka Raya setelah memenangi juara 1 kategori Putra dan 2 Kategori Putri di 2 kategori yang diperlombakan, di Kuala Kapuas, Sabtu (05/05/2018) 

Karungut adalah sebuah kesenian tradisional Kalimantan Tengah (Kalteng) dan dijunjung sebagai sastra besar klasik yang mengisahkan syair kebajikan dengan meramu bermacam legenda, nasihat, teguran dan peringatan mengenai kehidupan sehari- hari.

Setiap tim diwakili oleh 1 pria dan 1 wanita, durasi karungut tidak lebih dari 7 menit serta wajib membawakan karungut “tandak mandau” ciptaan Yerson H.B Suling dan karungut pilihan/ bebas ditentukan oleh peserta, jelas Mampung salah satu dewan juri.

Dia menambahkan bahwa kriteria penilaian lomba karungut ini meliputi ketepatan waktu, kejelasan vokal, penampilan busana, ekspresi wajah dan kecocokan vocal dengan irama music serta interval pengucapan antara bait/ syair karungut.

Melihat  hasil penampilan seluruh peserta lomba, maka dewan juri memutuskan Juara 1 diraih Kota Palangka Raya dengan jumlah nilai 2411, Juara 2 Kotawaringin Timur dengan nilai 2361, dan juara 3 Tuan Rumah Kabupaten Kapuas dengan nilai 2333 untuk kategori karungut putera.

Sedangkan untuk kategori putri juara 1 diraih Murung Raya dengan nilai 2538, diikuti Palangka Raya sebagai juara 2 dengan nilai 2456 selanjutnya untuk juara 3 diraih Katingan dengan nilai 2424

Diharapkan dengan adanya lomba ini dapat diandalkan sebagai sarana menyampaikan pesan moral membangun masyarakat Kalimantan Tengah, tutupnya (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan