Tim Gabungan di Palangka Raya Cek Peredaran Ikan Kaleng Makarel

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Tim gabungan di Kota Palangka Raya melakukan pengecekan peredaran ikan kaleng makarel bercacing ke Swalayan Sendys, Jalan Tjilik Riwut Km 2, Senin (2/4/2018).

Tim gabungan ini terdiri dari Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palangka Raya, Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Satpol PP Kota Palangka Raya, dan Dinas Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya.

Dalam inspeksi mendadak (Sidak)  tim meneliti satu per satu rak yang memajang kaleng iklan sembari mencocokan dengan 27 jenis ikan kaleng makarel yang telah ditarik izin edarnya oleh BPOM.

Hasilnya, tim gabungan tidak menemukan ikan kaleng jenis makarel yang dijual di Swalayan Sendys ini. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palangka Raya, Aratuni Djaban mengatakan dalam Sidak ini yang dicari adalah produk makanan ikan kaleng bahan dasarnya makarel.

“Jadi masyarakat jangan salah persepsi. Ikan sarden sampai saat ini tidak masalah. Yang ditarik itu jenis ikan makarel,” timpal Kepala BPOM Palangka Raya, Trikoranti Mustikawati.

Meski begitu BPOM terus melakukan pengawasan untuk mengantisipasi peredaran ikan kaleng makarel bercacing di wilayah Kalimantan Tengah, khususnya Palangka Raya. 

Hanya saja sejauh ini dari hasil pengecekan BPOM di lapangan baru di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur yang ditemukan masih diperjualbelikan, namun sudah ditarik dari peredaran.

Secara bertahap BPOM akan melakukan pengawasan kepada swalayan lain, pasar modern, dan pasar tradisonal, termasuk toko sembako juga akan diawasi. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan