Tiga Kelurahan Di Kota Palangka Raya Raih Piagam Partisipasi Proklim

 

MEDIA CENTER, Palangka Raya- Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya, Achmad Zaini menyerahkan piagam penghargaan atas partisipasi Program Kampung Iklim (ProKlim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia untuk kategori Madya tahun 2021 kepada tiga Kelurahan yang ada di Kota Palangka Raya.

Adapun tiga Kelurahan yang menerima piagam penghargaan tersebut yakni Kelurahan Tumbang Rungan, Kelurahan Sabaru dan Kelurahan Kereng Bangkirai. Kegiatan Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan di Halaman Kantor Kelurahan kereng bangkirai, Jumat (25/2/2022).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya, Achmad Zaini menyebutkan bahwa dirinya sangat mengapresiasi atas penghargaan yang diraih tiga Kelurahan tersebut.

“Saya pribadi serta mewakili Pemerintah Kota Palangka Raya sangat mengapresiasi kepada 3 Kelurahan yang memperoleh piagam penghargaan ini. Semoga ini menjadi dapat menjadi contoh bagi Kelurahan lainnya”, kata Zaini.

Dirinya menjelaskan bahwa Program Kampung Iklim (ProKlim) adalah program berlingkup nasional yang dkembangkan untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal dalam rangka meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi GRK.

Sementara itu, tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat itu sendiri dalam menghadapi perubahan iklim dengan harapan dapat memberikan kontribusi terhadap upaya pengurangan emisi GRK.

Oleh sebab itu, dirinya berharap melalui piagam ini masyarakat bisa memitimidasi terhadap perubahan iklim yang dapat merusak lingkungan hidup.

“Saya berharap melalui penghargaan yang diberikan ini dapat menumbuhkan kemandirian masyarakat/kelurahan lainnya dalam melaksanakan adaptasi perubahan iklim, termasuk menjaga nilai-nilai kearifan tradisional atau lokal yang dapat mendukung upaya penanganan perubahan iklim dan pengendalian kerusakan lingkungan secara umum”, tutup Zaini. MC. Isen Mulang/Nitra/wspd

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *