Tiga Kecamatan di Kota Palangka Raya Rawan Karhutla

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Seiring dengan berjalannya musim kemarau ditahun ini, Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, terus memaksimalkan pengawasan, terutama pada jalur-jalur yang dianggap rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Menurut Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, Sihang, dari lima kecamatan yang ada di Kota Palangka Raya, maka setidaknya ada tiga kecamatan yang wilayahnya memliki kategori jalur rawan terjadi karhutla. 

Kecamatan tersebut antara lain, Kecamatan Sebangau dengan jalur rawan berada di kelurahan kalampangan dan kelurahan Kereng. Kemudian Kecamatan Jekan Raya dengan jalur rawan di Kelurahan Menteng dan Kelurahan Bukit Tunggal, serta Kecamatan Pahandut dengan jalur rawan Kelurahan Panarung dan Kelurahan Tanjung Pinang.

“Tim gabungan maupun pos-pos jaga terus melakukan pemantauan pada jalur-jalur yang kita anggap kategori rawan tersebut,” ujar Sihang, Selasa (24/7/2018).

Pun demikian tambahnya, bukan berarti pemantauan tidak dilakukan pada dua kecamatan lainnya, seperti Kecamatan Bukit Batu maupun Kecamatan Rakumpit. Dimana tim gabungan terus memantau kondisi setiap waktu, termasuk tim penanggulangan dan pencegahan karhutla dari BPBD Provinsi Kalteng yang memonitor situasi.

“Tim pencegahan tentunya tersebar di sejumlah titik-titik rawan karhutla. Namun kita tetap mengimbau warga jangan membuka lahan dengan cara membakar. Disamping itu kita meminta juga partisipasi masyarakat untuk melakukan pencegahan bersama terjadinya karhutla,” tutup Sihang. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan