Tetap Waspada Kasus Omicron Nasional Tinggi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto mengimbau masyarakat setempat untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama menyikapi penularan varian baru Covid-19 Omicron yang secara nasional terus meluas.

“Secara nasional meluas, khususnya di wilayah DKI Jakarta. Berdasarkan data yang dirilis Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), disebutkan Omicron memiliki tingkat penularan lebih cepat dibanding varian sebelumnya,” ungkapnya, Rabu (12/1/2022).

Memang jelas Sigit sampai saat ini kasus Omicron nasional masih terdeteksi di DKI Jakarta. Namun itu bukan berarti semuanya lengah.

“Intinya, kewaspadaan, tetap dijalankan. Seperti menggalakkan memakai masker dan disiplin protokol kesehatan (Prokes) lainnya,” tambahnya.

Lebih jauh politikus PDI Perjuangan ini menyampaikan, berdasarkan laporan penelitian para ahli bahwa virus Omicron menginfeksi bronkus dan bereplikasi 70 kali lebih cepat dibanding Delta dan SARS-Co-V2. Bahkan sanggup menghindari antibodi yang terbentuk dari vaksinasi atau infeksi sebelumnya. 

“Maka itu, jangan sampai ada asumsi bahwa sudah vaksin maka otomatis aman. Ini tidak boleh ada. Meski sudah divaksin disiplin prokes harus tetap kita jaga,”tegas Sigit.

Sebagaimana diketahui, penambahan kasus Covid-19 di Jakarta ini berbanding lurus dengan temuan kasus Omicron. Hingga saat ini, tercatat total kasus per 9 Januari 2022 adalah 407 kasus, terdiri dari 350 kasus impor yang didominasi berasal dari Turki dan Arab Saudi. (MC. Isen Mulang.1/wspd)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply