Terminal Baru Bandara Tjilik Riwut Dilengkapi Toilet Disabilitas

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Rencananya terminal baru Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 7 Februari 2019.

Berbagai persiapan telah dilakukan pihak bandara, termasuk pemerintah daerah dalam persiapan peresmian bandara kebanggaan masyarakat Provinsi Kalimantan Tengah ini.

Semua sarana penunjang terminal bandara juga akan dilengkapi. Bahkan secara khusus dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah memohon kepada pihak bandara untuk melengkapi fasilitas pendukung yang dianggap perlu disediakan.

Setidaknya ada 8 usulan penambahan ornamen dan sarana yang diajukan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah agar diakomodasi oleh pihak bandara.

Dari 8 usulan ini salah satunya adalah tersedianya toilet disabilitas. Menurut Kepala Dinas Komunikasi, Informatika,  Provinsi Kalimantan Tengah, Herson B Aden dengan adanya toilet disabilitas, maka para penyandang disabilitas tidak perlu memanfaatkan toilet umum.

“Desain toilet disabilitas itu ada besi yang bisa digunakan para penyandang disabilitas untuk berpegangan saat berdiri maupun duduk,” ucap Herson, Senin (7/1/2018) sore.

Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran mengusulkan 8 poin penataan terminal baru Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya kepada PT Angkasa Pura II selaku pihak pengelola.

Sementara 7 usulan lainnya adalah pemasangan foto Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah di dalam dan luar gedung, pemasangan foto dan riwayat berdirinya Kalimantan Tengah oleh gubernur pertama Tjilik Riwut.

Kemudian pemasangan videowall dan videotrone pada terminal kedatangan maupun keberangkatan serta disediakannya toko ataupun ruang promosi khas daerah yang dikelola Dekranasda, Koperasi dan UMKM.

Tersedianya pusat informasi yang menghadirkan putra-putri Dayak sebagai penerima tamu di terminal kedatangan dan pemasangan foto orangutan di dalam gedung sebagai promosi wisata di Taman Nasional Tanjung Puting dan Sebangau serta penyediaan tempat penampilan musik karungut. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan