Terkait Pelaksanaan APBD, Fraksi DPRD Palangka Raya Sampaikan Pandangan Umum

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wakil rakyat di DPRD Kota  Palangka Raya menggelar rapat paripurna ke- 4 masa sidang II tahun 2018, dengan agenda penyampaian pandangan umum fraksi pendukung DPRD, terhadap pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Kota Palangka Raya tahun anggaran 2017.

Paripurna dipimpin Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto, dihadiri Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio,  Wakil Ketua DPRD Palangka Raya Ida Ayu Nia Anggraeni, anggota DPRD maupun sejumlah pimpinan OPD serta unsur Forkopimda Kota Palangka Raya, Senin (25/6/2018), di ruang Paripurna DPRD Kota Palangka Raya.

Adapun paripurna yang digelar tersebut sedikit berbeda. Dimana seyogianya untuk mendengarkan  pandangan seluruh fraksi terhadap pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Kota Palangka Raya. Namun semua fraksi yang hadir dalam rapat paripurna tersebut sepakat untuk tidak membacakan, akan tetapi menyerahkan secara langsung hasil tertulis pandangan umum fraksi kepada pemerintah kota yang diwakili oleh wakil walikota Palangka Raya.

Sigit mengatakan, penyerahan pandangan umum fraksi secara tertulis tidak menyalahi aturan. Bahkan akan sangat efisien, akurat, dan otentik. Selain itu penyerahan secara tertulis dilakukan dengan pertimbangan semua fraksi, dimana saat ini pemerintah kota sedang banyak  kesibukan, terutama untuk mengkoordinir pelaksanaan pilkada pada hari Rabu 27 Juni 2018.

“Ini semua tanpa mengurangi esensi pelaksanaan rapat paripurna, terlebih semua fraksi-fraksi telah sepakat untuk menyerahkan secara tertulis pandangan umum fraksi masing-masing,”ungkapnya.

Pun begitu tambah Sigit, semua fraksi-fraksi tetap akan menunggu hasil jawaban Walikota mengenai pandangan fraksi.

“Jawaban atas pandangan umum fraksi akan ditunggu hari Selasa 26 Juni 2018. Intinya semua fraksi sepakat raperda APBD 2017 lalu diterima dan disetujui untuk dibahas sesuai dengan jadwal yang ada di lembaga DPRD,” terangnya.

Sementara itu, perwakilan dari Fraksi PAN-Demokrat, Beta Syailendra berharap agar pandangan umum yang telah disampaikan fraksinya maupun fraksi pendukung lainnya mampu menjadi pertimbangan dan bahan evaluasi dari walikota dalam pertanggung jawaban APBD tahun lalu. 

“Pandangan umum ini kami serahkan sebagai salah satu tupoksi dari kelembagaan DPRD dan fraksi di DPRD, agar menjadi pertimbangan pemerintah dalam melaksanakan sistem pemerintahan yang lebih baik,”tuturnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan