Target 440 Ekor Sapi di Palangka Raya Wajib Bunting

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Tahun ini Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Palangka Raya menargetkan 440 sapi indukan wajib bunting (Siwab).

Untuk merealisasikan target ini maka Bidang Perbibitan dan Produksi Ternak gencar memberikan pelayanan inseminasi buatan atau suntik kawin terhadap ternak sapi milik masyarakat.

Pelayanan inseminasi buatan ini difokuskan ditiga wilayah yakni Kelurahan Kalampangan Kecamatan Sabangau dan Tangkiling Kecamatan Bukit Batu serta wilayah dalam kota.

Dengan fokus ditiga wilayah ini Kepala Bidang Perbibitan dan Produksi Ternak pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Palangka Raya, Sugianto optimis target Siwab bisa dicapai.

“Dari target 440 Siwab ini paling tidak 65 persennya atau 286 sapi betina bisa bunting,” tutur Sugianto, Kamis (15/3/2018). Pada 2017 target Siwab 400 ekor, namun yang bisa bunting cuma 260 ekor.

Dia menuturkan program Siwab ini adalah satu wujud Pemerintah Kota Palangka Raya untuk mendukung program ketahanan pangan yang sedang digalakan oleh pemerintah pusat.

Oleh karena itu setiap kabupaten dan kota di seluruh Indonesia membuat program Siwab. “Program Siwab ini masih fokus untuk sapi, sedangkan untuk sapi atau babi dan lainnya masih belum,” imbuhnya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan