Tabur Bunga 100 Tahun Pahlawan Nasional Tjilik Riwut

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Seluruh keluarga almarhum Tjilik Riwut berkumpul di Taman Makam Pahlawan Sanaman Lampang, Kota Palangka Raya, Jumat (2/2/2018) pukul 08.00 WIB.

Selain dari Palangka Raya dan Katingan, mereka yang datang juga ada dari Jakarta dan Yogjakarta. Mereka berkumpul untuk tabur bunga dan doa 100 tahun Tjilik Riwut. 

Pahlawan Nasional yang juga pendiri Provinsi Kalimantan Tengah inilah para keluarga melakukan tabur bunga dan berdoa bersama di pusara almarhum Tjilik Riwut.

Acara tabur bunga dan doa ini juga dihadiri Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio, Sekda Kabupaten Katingan Nikodemus, dan mantan Sekda Kalimantan Tengah Thampunah Singseng.

Acara tabur bunga ini juga diselimuti suasana haru. Para keluarga, termasuk para wartawan tidak kuasa menahan air mata setelah mendengarkan lagu Gugur Bunga yang dilantunkan para cucu Tjilik Riwut.

Di sela acara tabur bunga ini juga disampaikan sepenggal silsilah Tjilik Riwut. Dia lahir pada 2 Februari 1918. Dia merupakan Pahlawan Nasional Indonesia.

Dia juga merupakan Gubernur pertama Kalimantan Tengah, tokoh Dayak Kalimantan Tengah, tokoh Perintis TNI-AU Penerbang Indonesia dan tokoh Dirgantara Indonesia.

Putra Dayak kelahiran Kasongan tersebut meninggal pada 17 Agustus 1987 bertepatan dengan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Beliau meninggal di usia 69 tahun.

Kemudian Tjilik Riwut dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Sanaman Lampang, Palangka Raya. Namanya kini diabadikan untuk salah satu bandar udara dan jalan utama di Palangka Raya.

Hingga saat ini semangat juang Marsekal Pertama TNI (HOR) (Purn) Tjilik Riwut terus menggelora bagi masyarakat Kalimantan Tengah dan tidak pernah luntur sampai kapan pun.

“Meski Tjilik Riwut sudah tidak ada, namun kita tidak boleh kehilangan semangat beliau sampai kapan pun,” pesan Wakil Walikota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio saat memberikan sambutan. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan