Stok Hewan Kurban di Palangka Raya Mencukupi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kabid Kesehatan Hewan dan Masyarakat Verteriner (Kesmavet) pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Palangka Raya, Sumardi, memastikan stok ketersediaan hewan kurban di ibukota Kalimantan Tengah akan aman memenuhi kebutuhan masyarakat pada hari raya Idul Adha 1439 Hijriah.

Hingga saat ini ada sekitar 1.500 ekor sapi, lalu untuk kambing ada sekitar 500 ekor yang sudah masuk, sehinga diyakini mampu mencukupi untuk keperluan saat Idul Adha.

“Jadi masyarakat tidak perlu kuatir akan ketersediaan stok ini karena sudah mencukupi,” kata Sumardi, Selasa (7/8/2018).

Disisi lain lanjutnya, pihak DKPP saat ini juga telah menyiapkan tim pemeriksaan kesehatan dan kelayakan hewan kurban.Dimana tim ini nantinya akan mulai melakukan pengecekan pada H-10 menjelang Idul Adha.

“Tim ini terdiri dari 10 orang ahli kesehatan hewan, dan Kepala Dinas sendiri sebagai kapasitas pelindung tim,”ujarnya lagi.

Nantinya tambah Sumardi, tim akan dibagi kedalam dua kelompok. Dimana kelompok pertama akan bertugas memeriksa kesehatan hewan kurban yang berasal dari ternak lokal. Sedangkan tim yang kedua akan bertugas memeriksa kesehatan hewan kurban yang berasal dari luar daerah.

“Hewan kurban yang dinyatakan layak, maka akan dipasang pening atau kode dibagian telinga atau tali, sebagai tanda layaknya hewan kurban untuk dikonsumsi,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan