Stok Dan Harga Bahan Pangan Stabil Tak Terganggu Karhutla

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Penjabat (Pj) Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu mengatakan, bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang berdampak munculnya kabut asap di wilayah Kalimantan Tengah, tidak berdampak signifikan terhadap sektor perekonomian masyarakat.

“Sejauh ini tidak ada dampak dari karhutla terhadap perekonomian. Khususnya di Kota Palangka Raya,” katanya, Jumat (6/10/2023) di Palangka Raya.

Menurut Pj wali kota, harga komoditas bahan kebutuhan pokok di pasaran masih relatif stabil. Namun demikian, sejumlah komoditas pokok seperti halnya beras ada sedikit mengalami kenaikan.

“Naiknya harga beras ini lebih disebabkan menurunnya produksi pertanian pada komoditas padi, yang terpengaruh akibat kemarau dan dampak kekeringan,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu perlu diketahui lanjut Hera, untuk lahan pertanian produktif di Kota Palangka Raya juga ada yang terdampak karhutla. Berdasarkan data, luasan lahan pertanian yang terdampak yakni mencapai delapan hektar.

Terlepas dari itu imbuh Hera, pasokan dan harga komoditas pangan atau kebutuhan pokok di pasaran Kota Palangka Raya, masih relatif stabil.

“Terlebih berdasarkan laporan dari Bulog stok bahan pangan masih aman sampai beberapa bulan ke depan,” pungkasnya. (MC. Kota Palangka Raya.1/ndk)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *