Stok Beras dan Gula Cukup Hingga Idul Fitri

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Masyarakat Provinsi Kalimantan Tengah, khususnya Kota Palangka Raya tidak perlu cemas lagi terhadap potensi naiknya harga kebutuhan pokok, khususnya beras dan gula.

Sebab pemerintah pusat melalui Badan Urusan Logistik (Bulog) telah mendatangkan 750 ton gula dan 780 ton beras ke Kalimantan Tengah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan menjelang Idul Fitri 1438 Hijriah.

“Hari ini sudah masuk 150 ton gula dan 300 ton beras, sisanya Minggu depan sudah masuk semua ke Kalimantan Tengah,” ujar Koordinator Pemantau dan Penetrasi Pasar di Provinsi Kalimantan Tengah dari Kementerian Perdagangan, Pantas Lumban Batu didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palangka Raya, Aratuni Djaban saat meninjau gudang Bulog di Jalan Tjilik Riwut Km8, Sabtu (17/6/2017) pukul 14.00 WIB.

‘Raja Gula’ yang didatangkan ke Kalimantan Tengah ini merupakan produksi PT PG Rajawali I, Madiun, Jawa Timur. Setiba di gudang Bulog, karung gula langsung dibongkar, selanjutnya dibungkus plastik per satu kilo gram.

Diharapkan mulai Senin (19/6/2017) ribuan kemasan gula ini sudah didrop ke pasaran, sehingga harganya tetap stabil. Adapun harga gula yang dilepas Bulog ke pasar adalah Rp11.900 per kilo. Jadi pedagang harus menjual tidak boleh lebih dari Rp12.500 per kilo.

Jika ada yang menjual di atas Rp12.500, maka para pedagang akan berhadapan dengan tim Satgas Mafia Pangan. Selain operasi pasar, Kementerian Perdagangan juga melaksanakan pasar murah yang dikhususkan di pesantren.

Pantas menjelaskan tujuan dilakukan operasi pasar dan pasar murah ini agar masyarakat bisa mendapatkan harga kebutuhan secara wajar dan murah menjelang lebaran. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan