Stan Pameran Dukcapil Berikan Layanan Cek Chip E-KTP

MEDIA CENTER, Kapuas – Salah satu stan pameran Kalteng Quality Expo di Kabupaten Kapuas 2-6 Mei 2018 yang paling ramai dikunjungi masyarakat adalah stan milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Kalimantan Tengah.

Sebab selain memberikan layanan perekaman dan cetak kartu tanda penduduk elektronik (KTP el) dalam waktu tiga hari selesai, di stan Dukcapil Kalimantan Tengah ini juga memberikan layanan pengecekan keaktifan chip E-KTP.

Secara silih berganti warga yang datang ingin mengecekkan apakah data E-KTP mereka bisa terdeteksi setelah diletakkan di atas alat perekam yang disediakan oleh Dukcapil. Alat canggih ini secara online terhubung ke server penyimpan data E-KTP.

Jadi saat KTP milik warga diletakkan di atas mesin ini langsung melakukan pencarian (login). Jika login berhasil, setelah itu muncul warna KTP. Setelah sidik jari pemilik KTP diletakan di atas alat pelacak tersebut.

Jika chip dalam kondisi baik maka secara otomatis dan super cepat akan menampilkan data pemegang KTP, termasuk foto dan biodata lengkap seperti yang tertera dalam fisik KTP.

Namun jika chip yang ada di dalam E-KTP rusak, maka proses pelacakan data tidak bisa dilakukan, sehingga KTP-nya dianggap rusak dan disarankan harus diganti dengan yang baru.

Kegagalan pelacakan data melalui chip E-KTP ini seperti dialami Suyono, warga Selat, Kapuas. Sebenarnya kondisi E-KTP milik Soyono maih baik, namun tidak bisa dibaca oleh alat mesin pelacak data, sehingga harus diganti.

Berbeda dengan E-KTP milik Fauzi Rasyid warga Kuala Kapuas ini. Plastik pelindung KTP milik Fauzi lepas, sehingga data identitas juga lepas dari body E-KTP. Meski dengan kondisi seperti ini, namun ketika fisik KTP diletakkan di atas mesin pelacak ini data milik Fauzi masih terbaca dengan baik. (MC. Isen Mulang)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan