SPBK dan Early Warning System, Mengurangi dan Mendeteksi Dini Resiko Karhutla

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Keseriusan Pemerintah dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Indonesia perlu diapresiasi 

Berbagai usaha dilakukan, salah satunya menggunakan teknologi informasi dengan membuat sistem peringatan bahaya kebakaran (SPBK) dan early warning system (deteksi dini) resiko karhutla

Yophie Handoko, Staff Balai Pengendalian Perubahan Iklimdan Kebakaran Hutan dan Lahan wilayah Kalimantan menjelaskan bahwa dengan SPBK ini merupakan aplikasi harian di tingkat lapangan dituangkan pada papan petunjuk SPBK sehingga masyarakat umum dapat melihat kondisi kerawanan terhadap karhutla.

SPBK ini bersumber dari Automatic Weather Station (AWS) dan Balai Metrologi Klimatologi dan Geofisika ini dapat diakses melalui http://wrs.bmkg.go.id/kebakaran_hutan.html dari aplikasi dapat diperoleh peta rawan kebakaran.

Lebih lanjut yophie, menambahkan Kementrian Lingkungan Hidup juga membangun aplikasi Early Warning System (Deteksi Dini) monitoring hotspot melalui satelit NOAA serta Terra-Aqua Modis yang bisa dimonitor melalui website : www.sipongi.menlhk.go.id atau juga dapat diunduh melalui playstore. (MC. Isen Mulang/ engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan