SMAN 5 Palangka Raya Tuan Rumah Penyelenggara Gebyar Nusantara

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Era globalisasi turut menimbulkan dampak positif terhadap daya saing ketenagakerjaan di seluruh nusantara. Disadari atau tidak, tenaga kerja dituntut bergerak cepat meningkatkan daya saing agar mampu memenuhi kebutuhan hidup yang terus meningkat.

Kondisi ini tentu memerlukan perhatian khusus menyangkut kesejahteraan tenaga kerja. Berangkat dari hal itu Karya Salemba Empat (KSE) 2017 dan BPJS Ketenagakerjaan menggelar Gebyar Nusantara dengan tema Merdeka dan Sejahtera (Mesra).

Kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh tanah air oleh penerima beasiswa KSE. Mereka adalah mahasiswa dan alumni yang pernah mendapatkan pelatihan yang bermanfaat dan memberi solusi masalah yang dihadapi masyarakat.

Beberapa sponsor yang telah berkontribusi pada penyelengaraan kegiatan ini. Di Kota Palangka Raya, Gebyar KSE digelar di SMAN 5 Palangka Raya, Sabtu 19 Agustus 2017 pagi.

SMAN 5 ini beruntung karena mendapatkan kesempatan menjadi satu-satunya tuan rumah even ini bersama beberapa sekolah di tanah air. Acara diawali dengan gerak jalan mulai dari gerbang sekolah menelusuri Jalan Tingang, Jalan Gurame, dan Jalan Bukit Keminting.

“Terima kasih kepada KSE dan sponsor yang telah memilih sekolah ini sebagai tuan rumah Gebyar Nusantara KSE,” kata Kepala SMAN 5 Palangka Raya, H Arbusin sesaat sebelum melepas peserta gerak jalan.

Ratusan siswa bergerak sambil bernyanyi penuh semangat di bawah gerimis hujan. Nuansa Agustusan semarak kemerdekaan masih menggelorakan gempita meski sebagian siswa masih kelelahan setelah berpartisipasi dalam lomba gerak jalan 17 Km dan 45 Km. Mungkin kantuk itu terlupakan sejenak.

Seusai gerak jalan santai, bubur kacang hijau, pisang dan singkong rebus sudah menanti di depan aula dan mengajaknya sarapan. Meski harus antri, nikmat hangat sarapan pagi di akhir pekan itu pun tercipta.

Berlanjut acara bergeser ke dalam aula. Kegembiraan melalui yel-yel, senam bersama dan dialog digelar. Para siswa gembira dan semangat meski hari itu sebenarnya saat libur karena sekolah ini menerapkan lima hari sekolah (LHS).

Ketua Panita KSE, Harumta menuturkan kegiatan ini untuk menyalurkan semangat cinta tanah air dan bela negara. “Para pemuda mesti terus meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan. Rasa kepedulian terhadap permasalahan bangsa juga perlu ditumbuhkan. Indonesia memanggil generasi milenia. Indonesia butuh kamu,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Bagian Pemasaran Badan Penyeleggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Palangka Raya, Adhie Wibowo menjelaskan jika selama ini masyarakat lebih banyak hanya mengenal BPJS Kesehatan.

Untuk itu BPJS Ketenagakerjaan yang memiliki empat program unggulan manfaat yaitu jaminan hari tua (JHT), jaminan kecelakan kerja (JKK), jaminan kematian (JK), dan jaminan pensiun (JP) perlu disosialisasikan. Salah satunya melalui talk show di sekolah.

Dia mengatakan BPJS Ketenagakerjaan komitmen melindungi dan mensejahterakan pekerja dan keluarganya, meningkatkan produktivitas dan daya saing pekerja, serta mendukung pembangunan dan kemandirian perekonomian Indonesia.

Sementara itu Ketua Serikat Buruh Sejahtera Iindonesia (SBSI) Provinsi Kalimantan Tengah, Hatir Sata Tarigan mendukung program perlindungan tenaga kerja yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan.

Hatir mengatakan ketertarikannya terhadap program ini. Oleh karena itu dia mengimbau kepada para siswa untuk mengajak para orangtuanya agar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Program ini sangat bermanfaat untuk memberikan jaminan perlindungan. Lagi pula ada preminya hanya Rp16.800 per bulan. Manfaatnya luar biasa,” dukung Hatir sambil menunjukkan kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada para siswa. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan