SMAN 5 Palangka Raya Gelar Perkemahan Blok

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kegiatan perkemahan blok yang digelar di SMAN 5 Palangka Raya berakhir, Jumat (12/1/2018). Meski agak terlambat dilaksanakan, namun kegiatan yang berlangsung selama dua hari, Kamis—Jumat 11—12 Januari 2018 ini berlangsung semarak. 

Kemah blok ini merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib kepramukaan yang dilaksanakan setahun sekali oleh SMAN 5 Palangka Raya dan harus diikuti oleh seluruh siswa, karena akan diberikan penilaian kepada yang mengikutinya.

Kepala SMAN 5 Palangka Raya sekaligus Ketua Mabigus, H. Arbusin bertindak sebagai pembina upacara dalam membuka dan menutup kegiatan ini. Dalam sambutannya dia mengajak para siswa sebagai anggota Pramuka mampu mengamalkan nilai kepramukaan dalam aktivitas di sekolah maupun masyarakat.

“Tujuan pendidikan Pramuka ini untuk membentuk manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur serta tinggi mental, moral, budi pekerti, dan kuat keyakinan beragamanya. Pramuka harus menjadi manusia yang tinggi kecerdasan dan keterampilannya, kuat, dan sehat fisiknya serta berjiwa Pancasila. Oleh karena itu Dasa Darma dan Tri Satya harus diamalkan oleh setiap anggota Pramuka di mana saja berada,” pesannya.

Sementara itu semangat para siswa dan pembina mengikuti kegiatan tampak dari awal hingga akhir. Meski lelah, namun mereka tampak ceria. Beberapa kegiatan yang digelar antara dalam kemah blok ini beserta para pembinanya adalah paparan kebijakan sekolah tentang aktualisasi kepramukaan oleh Drs. Arbusin.

Kemudian materi pendidikan kepramukaan dalam kurikulum 2013 oleh Dra Yumiasi Tara, M.Si, materi kearifan lokal budaya Kalteng oleh Dr Elmalia Tara, M.Pd, materi out door scout activity game/ODSAG oleh Endar Priyo, S.Pd. dkk.

Selanjutnya api unggun oleh Jonkenedy, M.Pd, latihan kerapian baris berbaris/LKBB oleh OSIS. “Semoga jiwa Pramuka sejati dapat diaktualisasikan oleh para siswa. Salam Pramuka,” pesan Arbusin. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan