SMA Negeri-2 Juarai Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian

MEDIA CENTER, Palangka Raya- SMA Negeri 2 Palangka Raya menjadi jawara pada Lomba Tangkas Terampil Perkoperasian tingkat SLTA se- Kota Palangka Raya, yang digelar di Aula  LPP-RRI Kota Palangka Raya, Senin (12/3).

Bahkan pada kegiatan lomba yang diikuti 12 sekolah tingkat SLTA se-Kota Palangka Raya tersebut, maka SMA Negeri 2 Palangka Raya yang menurunkan dua timnya berhasil memborong gelar juara,  yakni juara 1 berhasil dimenangkan oleh SMA Negeri 2 A, dan juara 2 direbut SMA Negeri 2 B, sedangkan juara 3 dan 4 masing masing SMA Katolik dan SMK Negeri 1 B, sementara untuk juara harapan 1 adalah SMA Negeri 3 B.

Lomba yang digagas oleh pihak Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menegah (Diskop- UKM) Kota Palangka Raya itu, adalah dalam rangka memperingati Hari Koperasi Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 Juli.
“Ya, ini agenda rutin tiap tahun yang bekerjasama dengan RRI Palangka Raya. Kegiatan diikuti antusias siswa siswi dari 12 SLTA sederajat,”ungkap Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menegah Kota Palangka Raya, H. Afendie, disela kegiatan tersebut.

Menurutnya, tujuan diadakannya lomba tangkas terampil ini, adalah untuk mengenalkan sejak dini, manfaat menjadi anggota koperasi, disamping itu sebagai bekal menyiapkan generasi muda untuk menjadi pengurus koperasi yang handal dan mengetahui bagaimana mekanisme kerja koperasi.

“Kegiatan ini sangat baik, sebagai bekal bagi peserta didik untuk menjadi regenerasi pengurus koperasi di masa yang akan datang, karena untuk menjadi pengurus, perlu memiliki skill dan pengetahuan luas di bidang koperas,”cetusnya.

Afendie menambahkan, keberadaan koperasi di tengah masyarakat selama ini, memiliki peran positif, salah satunya mensejahterakan setiap anggota, bahkan sistem yang dianut koperasi tidak pernah merugikan setiap anggotanya, bahkan cenderung justru menguntungkan.

“Coba bayangkan disaat masyarakat atau anggota memerlukan, koperasi selalu memberikan solusi meminjamkan uang, sehingga dari  manfaat yang besar tersebut perlu di sosialisasikan sejak dini, salah satunya kepada peserta didik, melalui kegiatan lomba tangkas terampil perkoperasian,”tuturnya.
(MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan