Siswa SMA dan Mahasiswa Mengikuti Sosialisasi Pendidikan Pemilih

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya kembali melakukan sosialisasi pendidikan pemilih, Rabu (15/11-2017). Kali ini giliran siswa-siswi SMA dan mahasiswa yang mendapatkan materi pendidikan pemilih.

Sosialisasi yang diadakan di aula Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Kalimantan Tengah, diikuti oleh siswa SMA dari beberapa sekolah dan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Kota Palangka Raya.

Dipilihanya anak SMA dan mahasiswa ini karena dalam Pilkada serentak Rabu 27 Juni 2018 mereka merupakan pemilih pemula dalam pemilihan walikota dan wakil walikota, sehingga suara mereka sangat menentukan tingkat partisipasi pemilih.

Apalagi menurut Anggota KPU Kota Palangka Raya, Harmain Ibrohim jumlah pemilih pemula bisa mencapai 20-30 persen. Suara mereka signifikan untuk mendongkrak partisipasi pemilih yang ditarget 78-79 persen dari total daftar pemilih tetap (DPT).

Karena itu Harmain mengimbau kepada pemilih pemula ini untuk membantu KPU dalam mensukseskan gelaran Pilkada serentak 2018. Caranya dengan menginformasikan kepada rekan-rekannya bahwa ikut memberikan hak pilihnya itu merupakan bentuk partisipasi ikut mensukseskan gelaran Pilkada serentak.

“Jadi bagi kalian yang belum memiliki KTP segera melakukan perekaman ke kantor dinas kependudukan dan catatan sipil, karena syarat untuk bisa memilih harus memiliki KTP elektronik atau surat keterangan dari Dukcapil,” tutur Harmain.

Dalam sosialisasi ini para siswa SMA dan mahasiswa juga diberikan penjelasan mengenai syarat memilih ternyata tidak hanya memiliki KTP saja, sebab meski sudah memiliki e-KTP, namun jika bukan warga Kota Palangka Raya tidak bisa ikut memilih.

“Misalnya ada mahasiswa dari luar daerah yang sudah bertahun-tahun menetap di Palangka Raya, namun KTP-nya dari luar daerah, maka tidak bisa ikut memilih di Palangka Raya, karena yang dipilih ini adalah calon walikota dan wakil walikota,” jelasnya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan