Sinkronisasi Data Statistik Sektoral, Untuk Satu Data

MEDIA CENTER,  Palangka Raya – Dinas Komunikasi,  Informatika  Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya mengadakan pertemuan dalam rangka  Sinkronisasi Data Buku Statistik Sektoral Kota Palangkaraya tahun 2018 di ruang rapat BAPPEDA Jalan Tjilik Riwut KM 5,5  Kamis (22/11- 2018). 

Tujuan di lakukan sinkronisasi data statistik sektoral adalah untuk menyamakan, memperbaiki dan memasukkan data dari OPD selaku produsen data pada draft buku statistik kota Palangka Raya tahun 2018 sehingga tersedia data sebagai dasar perencanaan,
kebutuhan pembangunan dan memenuhi kebutuhan pengguna data baik itu pemerintah akademisi usahawan maupun masyarakat umum lainnya, ungkap Kadis Kominfo Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya,  Aratuni  saat memimpin rapat dimaksud. 

Lebih lanjut Aratuni  menjelaskan berdasarkan undang-undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang statistik, menyatakan statistik sektoral diselenggarakan oleh instansi pemerintah sesuai lingkup tugas dan fungsi nya secara mandiri atau bersama dengan Badan Pusat Statistik.

Penyusunan Buku Statistik Sektoral Kota Palangka Raya  Tahun 2018 dilaksanakan bekerjasama antara Pemerintah Kota Palangka Raya dengan Badan Pusat Statistik  (BPS)  Kota Palangka Raya. Sebelum dipublish perlu dilakukan sinkronisasi Data Statistik sektoral dengan SOPD di Jajaran Pemko Palangka Raya,  Tutur Kepala BPS Kota Palangka Raya Agie. Sesuai ketentuan kedepannya bahwa Indonesia harus memiliki satu data, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian  sebagai  wali data, tugas BPS hanya sekedar membantu dari sisi metodologi  dan analisis data.

Selanjutnya Agie menyampaikan, data adalah milik kita dan untuk kita, oleh sebab itu menjadi tanggung jawab bersama dalam menyajikan data yang akurat dan bisa dipertanggung jawabkan serta memenuhi kebutuhan pengguna data.

Melalui forum inilah kita menyamakan persepsi serta sinkronisasi data sehingga tidak ada lagi perbedaan data antara BPS dan OPD produsen data.

Agie juga menyampaikan masih ada kesempatan bagi OPD-OPD untuk memperbaiki dan menambahkan data dan data yang masih belum masuk pada draf buku statistik Kota Palangka Raya, sebelum dicetak dan dipublish (MC. Isen Mulang/Tina/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan