Siap Cegah Karhutla di Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya -Wakil WaliKota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio menyatakan pemerintah Kota Palangka Raya melalui perangkat daerah yang berada di bawah struktur pemerintah, secara umum siap menghadapi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), seiring dengan berjalannya musim kemarau saat ini.

“Hari ini kita apel kesiapan bersama di kantor Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, itu berarti kita  siap menghadapi karhutla,” ungkap Mofit usai menghadiri apel kesiapan siaga bencana karhutla tahun 2018, di halaman Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Palangka Raya, Selasa (24/7/2018).

Menurut Mofit, walaupun tugas utama, dinas damkar adalah untuk menangani bencana kebakaran di wilayah perkotaan, namun saat ini kesiapan menyangkut pencegahan karhutla juga dilakukan.

“Tadi kita sudah cek peralatan, semuanya dalam kondisi baik dan prima walaupun tidak semuanya merupakan peralatan baru,”ujar Mofit.

Dalam bagian lain lanjutnya, pemerintah bersama TNI dan Polri juga sudah melakukan pemetaan, di beberapa wilayah Palangka Raya yang harus di waspadai rawan terjadinya karhutla.

“Namun secara keseluruhan kita  tidak boleh mengendorkan kewaspadaan terhadap semua kecamatan yang ada di Kota Palangka Raya. Karena musibah karhutla dapat terjadi tanpa bisa diprediksi,” tambah Mofit.

Untuk masyarakat, kata dia, hendaknya bisa saling bahu membahu membantu TNI,  Polri dan dinas pemadam serta balakar.

“Ya, setidaknya memberi informasi secepatnya manakala ada terjadi kebakaran hutan dan lahan,” ingatnya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan