Setengah Hektar Lahan Gambut di Ketimpun Terbakar

 

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kebakaran lahan kembali terjadi di wilayah Kota Palangka Raya. Seperti pada Rabu, (28/9/2022) sekitar Pukul 12.30 WIB di Jalan Karya Hapakat Kelurahan Petuk Ketimpun Kecamatan Jekan Raya. Tidak kurang dari setengah hektar lahan gambut terbakar. Penyebab kebakaran sendiri masih belum diketahui, apakah sengaja terbakar ataukah faktor alam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya Emi Abriyani mengatakan, tim gabungan TNI, Polri, BPBPK Provinsi Kalteng, TRC BPBD Kota Palangka Raya, Dishut Kalteng, dan TSAK Bukit Tunggal, terjun ke lokasi lahan terbakar.

“Lahan yang terbakar adalah lahan gambut, dan posisi yang terbakar adalah luar dan dalam. Jadi cukup lama proses pemadamannya,” ungkap Emi.

Adapun peristiwa lahan terbakar itu didapat Tim TRC BPBD Kota Palangka Raya dari laporan warga pukul 13.00 WIB bahwa telah terjadi karhutla di Jalan Karya Hapakat Kelelurahan Petuk Ketimpun.

Tim TRC BPBD Kota Palangka Raya langsung berangkat ke lokasi dan bergabung dengan tim lainnya untuk melakukan pemadaman dan pendinginan api.

“Lebih satu jam, akhirnya api dapat dipadamkan. Beberapa unit mobil diturunkan untuk memadamkan api. Untung kondisi parit sedang banjir jadi gampang mendapatkan sumber air,” jelasnya.

Terlepas dari itu Emi mengimbau masyarakat untuk terus menjaga dan mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kota Palangka Raya. (MC. Isen Mulang.1/nd)

0 tanggapan

Beri Komentar

Ingin memberikan tanggapan?
Jangan Sungkan!

Tinggalkan Balasan