Serapan APBD 2017 Kota Palangka Raya Triwulan IV Baru 81 Persen

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Seluruh kepala satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya mengikuti rapat membahas serapan anggaran triwulan IV di Ruang Peteng Karuhei II, Jumat (29/12/2017).

Rapat evaluasi akhir tahun anggaran 2017 yang dipimpin Kepala Bappeda Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu ini juga diikuti Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya Rojikinnor, dan Asisten I Setda Kota Palangka Raya Ikhwansyah.

Dalam rapat ini Hera memberikan kesempatan kepada kepala SOPD untuk memaparkan progres serapan anggaran di dinasnya. Namun ada beberapa SOPD yang belum mampu menyerap anggaran 100 persen, baik fisik maupun realisasi keuangan.

Secara keseluruhan serapan anggaran SOPD menurut Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palangka Raya, Ahmad Fordiansyah hingga pukul 17.00 WIB Kamis (28/12/2017) baru terrealisasi 81 persen.

Jadi masih 19 persen lagi dana APBD yang belum terserap. Namun Fordiansyah tetap optimistis serapan anggaran APBD 2017 bisa terealisasi hingga di atas 90 persen, karena batas penyerapan masih waktu hingga pukul 24.00 WIB, Jumat (29/12/2017).

Namun bagi SOPD yang tidak mampu menyerap dananya 100 persen, maka Fordiansyah menyarankan agar uang kas yang berada di kantor SOPD segera dinolkan dan kemudian diserahkan atau disetor ke kas daerah Pemerintah Kota Palangka Raya.

Sementaran itu karena dikejar target, dalam beberapa hari ini Fordiansyah dan beberapa pegawai BPKAD Kota Palangka Raya lainnya lembur sampai larut malam. Hal ini dilakukan untuk melayani SOPD yang akan melakukan pencairan dana kegiatan.

Dia berharap para SOPD menggunakan waktu yang tersisa hingga pukul 24.00 WIB nanti malam untuk mempertanggung jawabkan anggaran. Jika tidak maka anggaran yang telah tersediakan akan menjadi sisa lebih anggaran (Silpa). (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan