Sepi Pengunjung, Objek Wisata Danau Tahai Minta Perhatian

MEDIA CENTER, Palangka Raya- Memanfaatkan kawasan sebagai bagian dari objek wisata tentu menjadi hal yang menguntungkan  bagi pengelola objek wisata maupun warga disekitar obyek wisata, untuk menarik sebanyak-banyaknya untung dari meningkatnya jumlah pengunjung. 

Namun, kondisi itu nampaknya mulai kurang dirasakan oleh pengelola objek wisata maupun warga disekitar obyek wisata Danau Tahai yang terletak di Kelurahan Tumbang Tahai,  Kecamatan Bukit Batu, berjarak sekitar 29 Km dari pusat Kota Palangka Raya.

Saat ini obyek wisata tersebut mulai sepi pengunjung. “Perhatian pemerintah terasa kurang terhadap objek wisata Danau Tahai, terutama dalam memoles-moles fasilitas pendukung wisata,”ungkap Lundik salah seorang petugas jaga pintu gerbang masuk menunju obyek wisata Danau Tahai, saat dibincangi, Minggu (18/3).

Seharusnya lanjut dia, fasilitas obyek wisata seperti jembatan titian yang terbuat dari kayu harus dipermak menjadi lebih kuat lagi, sehingga pengunjung tidak khawatir akan tergelincir atau jatuh.

Begitupula keberadaan gazebo atau pondok kecil termasuk gerbang masuk, harus dipoles atau diperbaiki kembali. “Mestinya perlu  inovasi dan perawatan. Bahkan kapan perlu ditambah wahana baru yang memiliki daya tarik,”katanya.

Disebutkan Lundik, kurangnya pengunjung obyek wisata Danau Tahai dapat terlihat pada saat libur panjang ataupun libur hari besar keagamaan.

“Bila hari biasa, lebih kurang 30 sampai 40 pengunjung saja yang masuk ke kawasan wisata Danau Tahai. Itu kami ukur dari tiket kendaraan yang masuk,”bebernya.

Sementara itu Nia warga Palangka Raya mengaku sedih dengan kondisi kawasan wisata tersebut, “Padahal danau ini memiliki pemandangan yang indah serta ada keunikan, dimana airnya berwarna merah yang disebabkan oleh akar-akar pohon. Pemerintah harus jeli melihat potensi wisata ini,”harapnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan