Seni Deder dan Karungut Perlu Dilestarikan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Miring Igem, pria berusia lebih dari 50 tahun ini rupanya mahir memainkan kecapi alat musik khas Dayak Kalimantan Tengah.

Warga RT 01 RW 01 Kelurahan Petuk Katimpun, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya ini ternyata mahir memainkan dua seni yakni deder dan karungut.

Deder adalah seni seperti berbalas pantun, sedangkan karungut adalah memainkan gitar khas Dayak sekaligus menyanyikan lirik.

Hebatnya, kemahiran Miring Igem dalam menguasai dua kesenian daerah ini sudah sejak lama. Di era masih jaya-jayanya siaran RRI, dia sering dipanggil ke studio untuk mengisi acara.

Meski sekarang dia tidak pernah disuruh mengisi acara di radio lagi, tapi dia tetap melestarikan budaya nenek moyang Dayak tersebut.

Di sela-sela kesibukannya sebagai seorang nelayan, Miring Igem selalu menyempatkan diri mengasah kemampuannya memainkan musik kecapi.

Seperti yang dilakukan sekarang ini. Dia ditemani Ketua RT 03 Zainudin S Udang menyanyikan lirik lagu daerah dengan diiringi musik karungut.

Bagi Zainudin, sosok Miring Igem ini merupakan orang yang sangat mencintai budaya leluhur. Makanya dia selalu rutin memainkan musik karungut ini untuk menikmati masa-masa tuanya.

Zainudin berharap musik deder dan karungut tetap lestari dan mendapat perhatian dari pemerintah daerah agar ikut membina para pecinta kesenian daerah. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan